Warga Sintang Dapat Tapah ‘Raksasa’, Saking Beratnya Harus Dipikul 2 Orang

oleh
Warga memikul ikan tapah hasil tangkapan jermal warga Sintang. Beratnya mencapai 55 kilogram.

BERITA-AKTUAL.COM – Jika bagi sebagian orang air pasang bikin susah karena menimbulkankan banjir. Namun, bagi warga lain justru bisa mendatangkan rezeki.

Karena, saat air pasang, ikan-ikan di sungai besar mudah didapat. Salah satunya di Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.

Salah satu warga yang mendapat berkah itu adalah Endi Ardania, warga Kelurahan Kedabang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Berkat jermal miliknya yang dipasang di tepian Sungai Kapuas tepatnya di Kelurahan Kedabang, Kecamatan Sintang, ia berhasil mendapatkan ikan tapah ‘raksasa`.

Berat ikan tapag tersebut 55 kilogram. Sakit panjangnya nyaris setinggi manusia dewasa.

“Jermal saya dapat ikan tapah tadi pagi. Setelah ditimbang beratnya 55 kilogram,” kata Endi ketika dihubung, Sabtu sore 9 Oktober 2021.

Saking beratnya ikan tapah yang didapat Endi, perlu dua orang untuk mengangkatnya dari perahu ke daratan.

“Ya memang harus dua orang ngangkatnya. Ukurannya kan besar, jadi cukup berat kalau ikan diangkat sendiri,” katanya.

Endi mengungkapkan, saat air pasang dirinya memang lumayan sering mendapat ikan berukuran besar. Selain ikan tapah, ada ikan lais, ikan juara, ikan jelawat dan ikan kaloi.

“Beratnya rata-rata paling rendah 2 kilogram lebih per rekor. Untuk ikan tapah, saya memang sering dapat. Namun, dapat ikan tapah hingga 55 kilogram baru kali ini,” ungkapnya.

Paska ditangkap, kata Endi, ikan tapah miliknya langsung dibeli pengepul di Pasar Masuka. “Ikanya saya ikat di jok belakang sepeda motor. Tadi pagi langsung dibeli pengepul dengan harga Rp 50 ribu per kilogram,” ungkapnya.