Pemkab Sintang Sediakan 4 Posko Pengungsian untuk Korban Banjir

oleh
Posko pengungsian korban banjir Sintang di Masjid Abu Bakar Jalan Transito.

BERITA-AKTUAL.COM – Untuk membantu korban banjir, Pemkab Sintang menyediakan empat posko pengungsian. Lokasinya di Masjid Abu Bakar, SDN 7, SMPN 2 dan SMAN 2.

“Terkait lokasi posko pengungsian ini sudah kita sudah koordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jumlah pengungsi yang terdaftar sekitar 20 orang di Masjid Abu Bakar, di Dinas Sosial  8 orang. Mereka mengungsi sejak tadi malam,” terang Plh Bupati Sintang, Yosepha Hasnah.

Hal itu disampaikan Yosepha saat meninjau lokasi pengungsian dan dapur umum di Kompleks Masjid Abu Bakar Jalan Transito Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang, Selasa 26 Oktober 2021. Dikesempatan itu, Yosepha didampingi Kepala Dinas Sosial Sintang Setina dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bernhad Saragih,

“Kami mengimbau kepada warga korban banjir yang mau mengungsi agar mendaftar ke Dinas Sosial, BPBD atau ke pemerintah kecamatan supaya bisa dikoordinir dengan baik” imbaunya.

“Untuk makanan gratis dan dapur umum baru ada di Masjid Abu Bakar ini saja. Kalau pengungsi terus bertambah, kita akan mendatangkan dapur umum mobile dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Saya sudah komunikasi dengan Bapak Gubernur Kalbar dan respon beliau sangat baik dan siap membantu,” terang Yosepha.

Mengenai pelayanan kesehatan untuk korban banjir, kata Yosepha, dibuka di semua Puskesmas. Kalau ada laporan dan permintaan ke rumah tertentu karena adanya kejadian khusus, tentu petugas kesehatan siap membantu.

“Kami sudah rapat dan mengambil kebijakan untuk membantu warga. Terima kasih kepada pengelola Masjid Abu Bakar yang sudah membuka masjid ini untuk dijadikan lokasi pengungsian dan dapur umum,” ucapnya.

“Pemerintah memiliki kemampuan yang terbatas dalam membantu warga. Kami sangat berterima kasih kalau ada warga yang secara sukarela membantu sesama yang menjadi korban banjir,” ucapnya.