Banjir Besar di Sintang, Jalan Dalam Kota Lumpuh

oleh
Warga mendorong motor yang mogok ketika melintasi banjir di Jalan Lintas Melawi, jalan negara yang menghubungkan antar kabupaten di Kalbar.

BERITA-AKTUAL.COM – Banjir besar yang melanda Sintang belum menunjukan tanda-tanda akan surut. Hingga Rabu 4 November 2021, ketinggian air terus naik. Bahkan akses transportasi dalam kota Sintang nyaris lumpuh.

Lumpuhnya akses jalan dalam kota Sintang tidak terlepas dari tingginya banjir merendam jalan raya. Contohnya akses jalan negara di Jalan Lintas Melawi tidak bisa dilewati sepeda motor lagi.

“Kami menyarankan untuk tidak menggunakan roda dua melewati Jalan Lintas Melawi karena banjirnya cukup dalam. Untuk membantu masyarakat, anggota sudah ditempatkan di titik-titik yang rawan,” kata Kasat Lantas Polres Sintang AKP Refandri Meidika Putra

Banyak warga yang mencoba untuk melintas dan berakhir dengan mogoknya sepeda motor karena terendam air. Kedalaman banjir di Jalan Lintas Melawi dibeberapa titik nyaris setinggi paha orang dewasa. Bahkan banjir sudah mencapai bundaran Simpang Lima.

Banjir dalam juga merendam jalan PKP Mujahidin, bahkan nyaris tak bisa dilewati sama sekali. Akses dalam kota lainnya yang terendam banjir adalah jalan MT Haryono di Sungai Durian menuju Masuka serta Jalan Wirapati. Karena banjir, banyak yang memilih jalan memutar lewat Mungguk Serantung.

Banjir juga merendam jalan Lengkenat serta jalan di Jerora 1. Sementara jalan-jalan di kampung pesisir Sungai Kapuas dan Sungai Melawi juga lumpuh total. Mereka hanya bisa mengandalkan perahu untuk akses transportasi sehari-hari.

Selain akses jalan dalam kota Sintang, jalan menunuju kecamatan juga terputus. Salah satunya akses jalan ke Kecamatan Sepauk dan ke Kecamatan Binjai Hulu serta Ketungau.