Apakah Jalan Lintas Melawi Perlu Ditinggikan Agar Tidak Banjir? Ini Jawaban Menteri PUPR

oleh
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono didampingi Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus meninjau Jalan Lintas Melawi yang tergenang banjir.

BERITA-AKTUAL.COM – Dalam kunjungannya ke Sintang, selain meninjau banjir dengan menyusuri Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bersama Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, juga singgah di Jalan Lintas Melawi, Kamis 18 November 2021.

Sebelumnya, jalan utama penghubung antar kabupatan di timur Kalimantan Barat ini hampir tiga minggu terendam banjir dan tidak bisa dilewati sepeda motor.

Dikesempatan itu, Menteri Basuki menjawab apakah Jalan Lintas Melawi perlu ditinggikan atau tidak, agar kedepannya tidak terendam banjir lagi.

“Kalau memang banjirnya bisa diatasi, ndak perlu ditinggikan. Kalau ditinggikan, rumah pasti akan di bawah jalan. Itu akan lebih bahaya lagi. Jadi cuma mindah-mindahkan genangan,” katanya.

Untuk badan jalan di Lintas Melawi, Basuki mengatakan bahwa dengan kondisi sekarang ini tidak bisa diperbaiki.

“Makanya, pertama kali saya harus mengendalikan banjir ini. Di sini (Jalan Lintas Melawi) sebetulnya ada program, sudah kontrak perbaikan jalan di sini. Karena ini (banjir) jadi ndak bisa,” katanya.

“Jadi harus kita atasi dulu ini supaya ndak tergenang,” katanya lagi.