Lasarus: Perlu Sinergi Pusat dan Daerah Atasi Banjir Sintang

oleh
Ketua Komisi V, Lasarus mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau banjir dengan menyusuri Sungai Kapuas dan Sungai Melawi menggunakan speedboat.

BERITA-AKTUAL.COM – Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono meninjau banjir Sintang menggunakan speedboat menyusuri Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, Kamis 18 November 2021.

Menteri Basuki juga mendatangi rumah warga yang terendam banjir di Kelurahan Ladang untuk memberikan bantuan sembako. Kemudian lanjut meninjau Jalan Lintas Melawi yang tergenang banjir.

Dikesempatan itu, Lasarus menegaskan perlunya sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengatasi banjir di Kabupaten Sintang.

“Sebagai orang Sintang, terima kasih Pak sudah melihat langsung. Mudah-mudahan dengan kedatangan saya dan Pak Basuki, kita coba cari solusi untuk mengatasi banjir ini. Tentu ini tidak bisa diserahkan ke Kementerian PUPR saja. Tapi harus sinergi dengan pemerintah daerah,” tegas politisi PDIP Perjuangan ini.

Lasarus mengatakan, sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penanganan banjir sangat penting. Contoh, misalnya terkait catchment area yang merupakan kewenangan pemerintah daerah.

“Selama catchment area tidak diperbaiki, kalau kita hanya membenahi banjir yang ada saja tapi penyebabnya tidak kita sentuh, ibarat kita mengobati penyakit salah makan obat jatohnya,” nilai dia.

Makanya, kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar ini, kerjasama antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat harus menjadi program jangka panjang untuk memperbaiki kondisi banjir yang ada sekarang.