Dampak MTQ Kalbar di Sintang, Hotel Penuh Ekonomi Menggeliat

oleh
Souvenir MTQ Kalbar Sintang. Pedagang souvenir ini adalah satu pihak yang terdampak positif pelaksanaan event besar ini.

BERITA-AKTUAL.COM – Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sintang membawa dampak positif pada banyak sektor. Sebagai tuan rumah, Kabupaten Sintang tentunya menikmati perputaran uang selama MTQ Kalbar berlangsung.

“Banyak hal yang bisa dipetik oleh masyarakat Sintang dari penyelenggaan MTQ Kalbar di Sintang ini. Seperti sejumlah hotel di Sintang sudah penuh. Sektor perhotelan sempat sepi saat musibah bencana alam banjir terjadi,” terang Camat Sintang, Siti Musrikah.

Selain itu, kata Siti, restoran dan rumah makan pasti penuh juga juga. Karena Sintang dikunjungi kafilah 14 kabupaten/kota di Kalbar. Tak hanya itu, penjual souvenir tentunya kecipratan rezeki karena penyelenggaraan MTQ ini.

“Hal ini tentu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Sintang yang selama ini berkurang karena pandemi COVID-19 dan banjir besar. Dua hal ini sempat melumpuhkan perekonomian masyarakat Sintang,” kata Siti.

Ia meminta para pelaku usaha memanfaatkan kesempatan ini untuk kembali bangkit setelah sempat terpuruk. Namun, Siti tetap mengingatkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Layani ara tamu yang datang ke Sintang agar merasa nyaman. Sehingga yang didapat para tamu yang datang ke Sintang ini adalah kesan yang baik,” pesan Siti.