Program Kerja Tahun Buku 2021 KSP CU Keling Kumang Terselesaikan Dengan Baik

oleh

SINTANG, KALBAR- Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union Keling Kumang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku (TB) 2021 pada 26 Februari 2022 dilaksanakan di dua titik. Titik satu dilaksanakan di aula kantor pusat KSP Credit Union Keling Kumang di jalan raya Sintang-Pontianak KM 27 kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, titik kedua dilaksanakan di Serantung Water Park Sintang. Kedua titik kegiatan dihubungkan secara daring dengan jumlah 580 orang anggota semua perwakilan kantor cabang.

Rapat Anggota Tahunan mengusung tema, memperkuat basis sosial, kultural dan teritorial untuk kesejahteraan anggota yang berkelanjutan, dipimpin langsung oleh ketua pengurus KSP Credit Union Keling Kumang Dr. Drs. Stefanus Masiun, S.H.,M.E, Valentinus, S.Sos.,M.M dan di titik satu dihadiri langsung Bupati Kabupaten Sekadau, Aron, S.H, kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Rusmiguno, kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan kabupaten Sekadau, Stefanus Emanuel, ketua Pusat Koperasi Kredit Khatulistiwa (Puskhat), Mikael, S.H.,M.H dan sejumlah mitra kerja KSP Credit Union Keling Kumang.

CEO KSP Credit Union Keling Kumang, Valentinus dalam sambutannya mengatakan, di tahun buku 2021 beberapa pekerjaan penting yang telah terselesaikan dengan baik diantaranya izin operasional yang semula izin koperasi kredit menjadi izin Koperasi Simpan Pinjam. Selain itu KSP Credit Union Keling Kumang juga telah terdaftar sebagai peserta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sesuai dengan regulasi pemerintah yang mengatur semua transaksi yang mencurigakan wajib dilaporkan.

Lebih lanjut, Valentinus menyebutkan di tahun buku 2021 KPS Credit Union Keling Kumang juga terus meningkatkan pelayanan berbasis information and technology seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM) setor dan tarik tunai.

“untuk dunia koperasi belum ada yang mengembangkan ATM setor tunai. Hal ini kita mau anggota kita semakin mudah dan aman dalam melakukan pelayanan. Tidak dibatasi dengan waktu pelayanan.” Jelas Valentinus

Masih dijelaskan Valentinus, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pendidikan kepada anggota. selama TB 2021 KSP Credit Union Keling Kumang tetap bisa melaksanakan pendidikan kepada anggota baik secara daring maupun secara tatap muka.

Stefanus Masiun, walaupun masih dalam kondisi pandemi, KSP Credit Union Keling Kumang dapat melewati TB 2021 dengan baik. kinerja keuangan dan sosial dapat terjaga dengan baik. hal ini dikatakan Stefanus Masiun, tidak terlepas dari kerja keras seluruh elemen KSP Credit Union Keling Kumang; pengawas, pengurus, CEO, jajaran manajemen dan berkat dukungan dan kerjasama seluruh anggota.

Basis social KSP Credit Union Keling Kumang adalah petani, buruh, nelayan, UMKM, karyawan dan pegawai negeri sipil yang memiliki kategori secara ekonomi adalah masyarakat kelas menengah ke bawah. Sedangkan, basis kultural adalah masyarakat adat dan masyarakat lokal yang tinggal di pinggiran perkotaan, pedesaan dan pedalaman. Sementara basis teritorial adalah kawasan timur Kalimantan Barat yang meliputi Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu.

“ketiga basis ini akan terus kita perkuat pada masa yang akan datang. Atas dasar itulah, maka tema RAT TB 2021 ini kita rumuskan.” Terang Stefanus Masiun

Ditambahkan Stefanus Masiun, sejalan dengan program Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki, bahwa KSP harus melakukan pemekaran usaha (spin-off), maka KPS Credit Union Keling Kumang tahun 2021, semakin intensif melakukan pemekaran usaha agar misi sosial KSP Credit Union Keling Kumang yaitu menurunkan kemiskinan dan meningkatkan standar hidup dapat tercapai.

Sedangkan Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Resmiguno dalam sambutannya mengatakan KSP Credit Union (CU) Keling Kumang adalah satu diantara Koperasi yang selalu patuh dengan regulasi. Bahkan semua ijin operasional kantor cabang sudah diurus dan sudah terbit. Ini satu diantara bukti KSP yang patuh terhadap regulasi.

Lebih jauh Resmiguno mengatakan, KSP Credit Union Keling Kumang adalah satu diantara KSP di Kalimantan Barat yang menjadi kebanggaan insan koperasi. Selalu menunjukkan eksistensinya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada anggota. Berbagai terobosan terbaru selalu muncul untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada anggota.

Aron, S.H, Bupati Sekadau dalam sambutannya sekaligus membuka acara RAT KSP CU Keling Kumang tahun buku 2021 pada sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih atas terlaksananya RAT tahun buku 2021. RAT sangat penting pada sebuah koperasi sebagai perwujudan kepatuhan pada peraturan yang ada. RAT menjadi ciri utama dalam menggerakan koperasi dan menjadi asas kekeluargaan sebagai sarana pengambilan keputusan tertinggi.

“Ini satu diantara keharusan bagi semua insan koperasi sebagai bentuk kepatuhan terhadap undang-undang koperasi.” Terang Aron

Lebih jauh Aron mengatakan kehadiran KSP Credit Union Keling Kumang sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat luas. Secara khusus masyarakat kabupaten Sekadau. Selain itu lanjut Aron kehadiran KSP CU Keling Kumang juga telah membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan. Ada banyak masyarakat dapat mendapatkan lapangan pekerjaan melalui kehadiran KSP Credit Union Keling Kumang.

“apa yang telah dilakukan KSP Credit Union Keling Kumang selama ini terus dilakukan dan dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam berbagai program kerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” pungkasnya (edh)