Dugaan Tipikor Pembangunan Jalan Baning-Sungai Ana, Kejari Sintang Periksa 2 Saksi Ahli

oleh
Pemeriksaan saksi ahli terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Jalan Baning-Sungai Ana.

BERITA-AKTUAL.COM – Penyidik Kejaksaan Negeri Sintang memeriksa dua saksi ahli terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Jalan Baning-Sungai Ana, Rabu 27 April 2022.

“Saksi yang kita periksa adalah Ahli Keuangan Negara dan Ahli Konstruksi Bangunan,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Sintang, Muhammad Faisal Nur Wijaya.

Ia mengungkapkan, pembangunan Jalan Baning-Sungai Ana dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Sintang tahun 2017. Dalam kasus tersebut sudah ditetapkan dua orang tersangka yakni S dan L.

“Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat. Penyidik Kejari Sintang kemudian menindaklanjuti dengan melaksanakan tindakan hukum,” katanya.

Tindakan yang dimaksud Faisal mulai dari penyelidikan, sampai dengan penyidikan. Banyak pihak terkait sudah diperiksa mulai dari unsur pimpinan BPBD, pemenang lelang, pelaksana di lapangan, kemudian dengan meminta bantuan ahli konstruksi serta ahli keuangan negara.

“Selanjutnya, ditemukan 2 alat bukti yang cukup bahwa benar ada dugaan tindak pidana korupsi dalam pekerjaan Jalan Baning tahun 2017. Mulai dari pelaksana pekerjaan yang tidak sesuai kontrak sampai dengan tidak sesuainya spesifikasi pekerjaan sebagaimana dokumen kontrak. Sehingga ditemukan unsur kerugian keuangan negara sebesar Rp 300 juta rupiah,” pungkasnya.