Anggota TNI 3 Jam Tandu Warga yang Hendak Melahirkan di Perbatasan Sintang-Malaysia

oleh
Anggota Satgas Yonif 144/JY menandu ibu hamil yang hendak melahirkan untuk dibawa ke Puskesmas Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalbar.

BERITA-AKTUAL.COM – Anggota Satgas Yonif 144/JY bergerak cepat membantu warga yang hendak melahirkan di Dusun Sungai Enteli, Desa Neraci Jaya, Kecamatan Ketungau Hulu, perbatasan Kabupaten Sintang-Malaysia.

Karena akses jalan belum memadai, anggota Satgas memberikan pertolongan pertama dengan cara menandu menggunakan bambu dan ponco untuk membawa warga secepatnya ke Puskesmas Senaning. Diperlukan waktu 3 jam berjalan kaki sebelum ibu hamil diangkut menggunakan mobil ke Puskesmas.

“Saat menerima kabar bahwa ada warga yang hendak melahirkan namun akses jalan tidak bisa masuk mobil, maka anggota Satgas dengan sigap membawa warga atas nama Rini tersebut. Harapannya semoga ibu dan anak yang di lahirkan sehat dan tidak ada halangan,” kata Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman melalui keterangan tertulis, Rabu 11 Mei 2022.

Letda Inf Didik Suprayogi menambahkan, setelah sampai di Puskesmas, ibu hamil langsung ditangani oleh petugas. “Alhamdulilah bayinya lahir dengan selamat dengan jenis kelamin laki-laki,” ungkapnya.

Rudi selaku suami mengakui keadaan jalan desa yang rusak parah membuat tidak bisa masuk kendaraan dan jarak ke Puskesmas sangat jauh juga.

“Makanya saya sangat terharu dan senang atas persalinan istri saya berjalan pancar. Ini semua berkat bantuan anggota Satgas yang sigap gerak cepat menandu membawa istri saya ke Puskesmas. Terimakasih banyak atas bantuan dari anggota Satgas yang telah membantu,” ucapnya.