Meski Aturan Masker Diperlonggar, Sandan: Vaksinasi Harus Jalan Terus

oleh
Sandan, Ketua Komisi C DPRD Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Ketua Komisi C DPRD Sintang, Sandan meminta program vaksinasi COVID-19 tetap digencarkan oleh pemerintah meski Presiden RI Joko Widodo sudah mengeluarkan kebijakan pelonggaran pemakaian masker di ruang terbuka.

“Mengingat pemberian vaksin ini merupakan program pemerintah tentu kita dukung dan harus dilaksanakan sampai tuntas meski pemakaian masker diperlonggar. Karena tujuannya untuk kesehatan masyarakat,” tegas andan.

Dikatakan Sandan, program vaksinasi harus dituntaskan di masyarakat demi kebaikan bersama. Agar pandemi nantinya benar-benar dipastikan sudah berakhir. Pelaksanaan vaksinasi itu sangat penting termasuk pada anak-anak. Vaksinasi harus dituntaskan hingga dosis kedua bahkan hingga ketiga.

“Bahkan vaksinasi untuk anak-anak saya fikir yang paling perlu agar mereka bisa sekolah seperti biasa lagi. Baik itu pelajar SD, SMP maupun SMP. Apalagi sekarang memang merupakan jadwal vaksinasi anak-anak SD yang dimaksud,” ucapnya.

Legislator dari dapil Serawai-Ambalau ini juga menanggapi yang dilaksanakan vaksinasi Pemkab Sintang hingga ke pedalaman. “Vaksin di pedalaman, masih dan sedang berjalan. Hampir setiap daerah, bahkan ke SD di pedalaman sudah divaksin. Bahkan ada yang satu daerah sudah dua kali vaksin. Jadi vaksinasi sudah berjalan baik,” ungkapnya.

Soal apakah vaksinasi yang dilaksanakan sudah maksimal atau tidak, Sandan memperkirakan capaiannya sudah cukup tinggi. Apalagi vaksinasi sudah berlangsung cukup lama dan dibantu banyak pihak termasuk jajaran TNI-Polri. “Kalau vaksin di pedalaman, saya memperkirakan sudah lebih dari 50 persen,” ungkapnya.

Untuk kebijakan pelonggaran pemakaian masker, kata politisi Partai Gerindra ini, meski sudah boleh dibuka, tapi alangkah lebih baik tetap dipakai demi kesehatan.

“Tetap pakai masker tentu lebih baik. Lagipula tidak ada larangan pakai masker apalagi pandemi belum sepenuhnya berakhir. Boleh saja buka masker di tempat terbuka seperti kata Pak Jokowi, namun di ruangan tertutup dengan banyak orang hendaknya pakai masker dong,” katanya.