Kadiskes Sintang Minta Puskesmas Kejar Target BIAN dan Vaksinasi COVID-19

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh membacakan SK pelantikan pejabat eselon IV.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh meminta Kepala Puskesmas yang baru dilantik senantiasa meningkatkan kinerja, kedisiplinan dan inovasinya untuk masyarakat setempat. Selain itu, Kepala Puskesmas juga harus langsung bekerja.

“Karena, saat ini Dinkes Sintang sedang mengejar capaian target Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dengan terget 96 ribu anak. Sedangkan capaian saat ini baru diangka 15 persen. Belum lagi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang sedang berlangsung dan harus kita kejar,” kata Sinto usai seremonial pelantikan Kepala Puskesmas dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Rabu 8 Juni 2022.

Untuk capaian BIAN, target Dinas Kesehatan Sintang sampai akhir bulan Juni mendatang harus diangka hingga 90 persen. “Oleh karena itu Kepala Puskesmas harus segera berkoordinasi dengan staf-stafnya agar segera turun turun ke lapangan,” kata Sinto.

Sinto optimis, target capaian BIAN di Kabupaten Sintang akan tercapai. Tentunya harus didukung Puskesmas, pihak sekolah dan para pendidik di Bumi Senentang. Agar semua anak bisa mengikuti Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dicanangkan pemerintah. “Saya yakin 90 persen target BIAN bisa tercapai,” ucapnya.

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah pemberian imunisasi tambahan campak rubella serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-Hib yang terlewatkan.

BIAN dapat mencegah kesakitan dan kecacatan akibat campak, rubella, polio, hepatitis B, difteri, pertusis, pneumonia dan meningitis.

BIAN dicanangkan oleh pemerintah untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi COVID-19. Selama pandemi, sekitar 1,7 anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Penurunan ini berdampak pada peningkatan jumlah kasus campak, rubella dan difteri di beberapa daerah.

Di Sintang, untuk mencapai target Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Dinas Kesehatan melakukan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah.