Operasi Patuh Dimulai, Dewan Imbau Warga Selalu Taat Aturan

oleh
Kusnadi, Anggota DPRD Sintang

BERITA AKTUAL.COM – Operasi Patuh Kapuas 2022 dalam rangka cipta kondisi kemanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kabupaten Sintang akan dilaksanakan 14 hari mulai 13 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022.

Operasi tersebut dimaksudkan sebagai upaya menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Terkait hal itu, Anggota DPRD Sintang, Kusnadi meminta masyarakat senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas ketika berkendara. Kepatuhan berkendara dengan menaati aturan lalu lintas tak hanya ketika pelaksanaan Operasi Patuh saja.

“Jangan karena ada Operasi Patuh, baru ikut aturan. Baru melengkapi surat menyurat maupun kelengkapan kendaraanya. Seharusnya, kepatuhan dan kesadaran tertib lalu lintas jadi kebiasaan sehari-hari,” tegas Kusnadi.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menegaskan, dengan mematuhi aturan dan tertib lalu lintas, maka masyarakat tidak akan was-was berkendara karena takut ditilang. Mengingat surat-surat kendaraan bermotor sudah lengkap. Baik itu BPKB, STNK maupun SIM.

“Berkendara juga harus selalu menggunakan helm yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Ini penting, selain ada aturan yang mengatur, juga demi keselamatan jika terjadi kecelakaan,” ucapnya.

Operasi Patuh Kapuas 2022 ini akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta didukung pola penegakan hukum. Selama pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2022 ini terdapat beberapa sasaran prioritas baik itu kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Menurut Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian beberapa prioritas pelanggaran diantaranya melawan arus, knalpot bising atau tidak sesuai standar, penggunaan rotator pada kendaraan yang tidak seharusnya, balap liar, menggunakan hp saat berkendara, tidak menggunakan helm, tidak memakai sabuk pengaman dan berboncengan motor lebih dari satu orang.