Dewan Sintang Harapkan Jalan Provinsi Diperbaiki

oleh
Rudy Andryas, Sekretaris Komisi A DPRD Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM –Anggota DPRD Sintang dari dapil Serawai-Ambalau meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) memperbaiki ruas jalan yang menjadi kewenangan mereka di Kabupaten Sintang. Khususnya jalan provinsi dari Simpang Medang, Nanga Tebidah hingga Serawai.

“Jalan provinsi menuju khususnya menuju Serawai memang mengalami kerusakan. Makanya kami sangat mengharapkan Pemerintah Provinsi Kalbar menganggarkannya dalam APBD,” pinta Rudy.

Jika sudah dianggarkan dalam APBD, politisi Nasdem ini juga mengingatkan pihak pelaksana kegiatan agar perbaikan dilakukan dengan maksimal. Sehingga jalan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Dan juga jalan tersebut bisa dilewati dengan nyaman saat berkendara.

“Kalau sudah dapat anggaran, ya harus dikerjakan bagus-bagus lah. Jangan sampai pekerjaanya asal jadi. Karena masyarakat kita sudah lama merindukan pembangunan infrastruktur jalan yang lancar dan nyaman,” ucapnya.

Rudy mengaku senang, dalam beberapa tahun terakhir ruas jalan provinsi dari Simpang Medang hingga Serawai kerap diguyur dana APBD. Namun di lapangan, ketika selesai diperbaiki, jalan rusak lagi. Padahal besar harapan masyarakat agar jalan yang dibangun tahan lama. Setidaknya bisa fungsional atau bisa dilewati.

Selama ini, ungkap legislator yang juga mantan striker Persista Sintang ini, masyarakat lebih memilih jalan memutar dari Kabupaten Melawi karena akses jalan darat menuju Serawai rusak parah. Pilihan itu terpaksa diambil oleh armada taksi setempat maupun mobil-mobil pribadi. Meskipun dalam perjalannya harus naik ponton melewati Sungai Melawi.

“Mau gimana lagi lah. Mau ngak mau harus memutar lewat Melawi. Kalau dari Tebidah ke Serawai, akses jalannya susah dilintasi oleh mobil pribadi. Makanya, taksi juga lebih memilih ke Serawai lewat Melawi. kemidian lanjut lewat jalan perusahaan untuk menuju Nanga Serawai,” ungkapnya.

Rudy memahami kalau perbaikan jalan provinsi tidak bisa dilakukan sekaligus dan langsung bagus. Namun ia menekankan pentingnya ada komitmen untuk memperbaikinya, bisa dengan APBD atau kolaborasi dengan pihak swasta.