RSUD Ade M Djoen Miliki CT Scan Canggih

oleh
Launching CT Scan Revo Evo 128 Slice sarana penunjang pelayanan RSUD Ade M Djoen Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M Djoen Sintang kini memiliki peralatan CT Scan Revo Evo 128 Slice yang canggih.

Peresmian penggunaan peralatan pendukung pelayanan rumah sakit ini dilakukan langsung oleh Bupati Sintang Jarot Winarno di Ruangan Instalasi Radiologi RSUD Ade M Djoen Sintang, Jalan Oevang Oeray, Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kamis 30 Juni 2022. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto Linoh serta jajaran pegawai RSUD Ade M Djoen Sintang.

Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang, dr Rosa Trifina mengungkapkan, penggunaan CT Scan Revo Evo 128 Slice tersebut telah mendapat izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bappeten) tanggal 22 Juni 2022 tentang Rekomendasi Izin Radiologi Diagnostik dan/atau intervensional.

“Kami memilih melakukan launching penggunaan CT Scan ini karena memang izinya sudah keluar. Nanti peralatan ini bisa kita gunakan sesuai dengan peruntukannya,” kata Rosa.

Jika ada emergency nanti dan memerlukan CT Scan, maka peralatan di RSUD Ade M Djoen tersebut bisa langsung dimanfatkan.

“Saat ini kita sedang persiapan penyusunan tarif. Karena tarif tindakan untuk penggunaan CT Scan 128 Slice ini tentunya berbeda dengan peralatan yang kita punya selama ini yakni 16 Slice,” katanya.

Dikatakan Rosa, untuk pelayanan penggunaan CT Scan 128 Slice tentunya akan mengacu pada pertimbangan dokter. Jika memang peralatan ini diperlukan untuk melihat organ yang betul-betul bisa menggunakan ini, tentu kita akan melayani.

“Karena yang saya ketahui CT Scan 128 Slice sangat canggih untuk melihat organ-organ yang bergerak seperti jantung. Karena jantung itu kan gerakannya pakai detik, sehingga dia bisa mengambil real time organ yang bergerak dan bisa memfoto dengan gambar yang sama. Alat ini sangat luar biasa,” bebernya.