Tolong Pak Gubernur, Perbaiki Jalan Sintang-Serawai

oleh
Zulkarnain, Anggota DPRD Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Kerusakan ruas jalan Sintang-Serawai yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) memantik keprihatinan banyak pihak. Oleh karena itu, Anggota DPRD Sintang Zulkarnain meminta Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji memperbaiki ruas jalan tersebut.

Nah inilah harapan masyarakat supaya jalan provinsi ini diperbaiki. Kami minta tolong kepada Pak Gubernur karena ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi,” kata Zulkarnain.

Selain itu, legislator Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini juga mendorong anggota DPRD Provinsi Kalbar khususnya dari Kabupaten Sintang agar mendesak Pemprov Kalbar memerhatikan jalan dari Sintang-Serawai.

“Akses jalan darat yang lancar dari Sintang-Serawai sudah lama dirindukan masyarakat di sana. Saat ini, akses jalan yang cukup lancar hanya dari ruang Simpang Medang hingga Nanga Mau, Kecamatan Kayan Hilir. Selanjutnya, akses dari Nanga Mau, Kecamatan Kayan Hilir hingga Kecamatan Serawai sangat parah. Semuanya merupakan ruas jalan provinsi,” bebernya.

Dikarenakan akses darat lewat jalan provinsi rusak parah, kata Zulkarnain, masyarakat yang ingin ke Nanga Serawai, ibukota Kecamatan Serawai, terpaksa melewati Kabupaten Melawi. Kemudian menyeberang menggunakan ponton di Desa Popai Kecematan Ella Hilir, selanjutnya masuk melalui jalan perkebunan kelapa sawit hingga ke Nanga Serawai.

“Ada juga yang memilih menggunakan speedboat, moda tranpostasi jalur air dengan biaya yang cukup tinggi. Kondisi ini diperparah dengan harga BBM yang mahal karena sudah mengalami kenaikan,” ungkap politisi dari dapil Serawai-Ambalau ini.

Dikatakan Zulkarnain, jika jalan darat Sintang-Serawai bisa dilewati dengan lancar, tentunya akan menghemat biaya, warktu perjalanan juga lebih cepat.

“Makanya besar harapan masyarakat jalan Sintang-Serawai diperbaiki. Tidak harus aspal, minimal bisa fungsional lah. Saat ini tidak bisa dilewati kendaraan roda empat dari Tebidah ke Serawai. Termasuk juga perlunya perbaikan sejumlah jembatan, banyak yang tidak layak dilalui lagi,” pungkasnya.