Jawaban Dewan Sintang soal Pelaksanaan Gawai Dayak Tingkat Kabupaten

oleh
Jeffray Edward, Wakil Ketua DPRD Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Wakil Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward menjawab pertanyaan salah satu masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sintang terkait pelaksanaan kegiatan Gawai Dayak Kabupaten Sintang.

“Terkait hal ini, nanti Dewan Adat Dayak (DAD) Sintang yang memutuskan sendiri. Bukan saya selaku Ketua DAD,” kata Jeffray saat audiensi di DPRD Sintang, Rabu 6 Juli 2022.

Nantinya, kata politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI Perjuangan) ini, DAD Sintang akan menggelar rapat. “Setelah rapat digelar dan akan kita tindaklanjuti. Kita yakin akan ada kegiatan Gawai Dayak,” ujar Jeffray dengan optimis.

Mengingat pelaksaan Gawai Dayak tingkat Kabupaten Sintang memerlukan dukungan khususnya anggaran yang cukup, Jeffray berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah.

“Untuk pelaksanaan Gawai Dayak juga tergantung bagaimana pemerintah daerah. Apakah pemerintah peduli dengan kegiatan Gawai Dayak, nanti kita pertanyakan,” sambung politisi dari daerah pemilihan (dapil) Kelam Permai, Dedai dan Sungai Tebelian.

Sebelumnya, perwakilan Koalisi Masyarakat Sintang Andreas dalam audiensi sempat mempertanyakan langsung kegiatan Gawai Dayak ke Wakil Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward yang juga Ketua DAD Sintang.

“Kami minta di sidang ini diketok anggaran Gawai Dayak Sintang. Kalau alasan ndak ada anggaran, mohon ada kebijakan.Apalagi ada pemangku kebijakan di sini (Kantor DPRD Sintang-red). Ndak ada yang tidak bisa kalau mau sepakat. Semua bisa teman-teman lakukan, tapi tidak sepakat,” nilai dia.

“Ndak malu kita di kampung-kampung ada gawai. Bahkan ada gawai di kampung Bu Sekda Sintang pelaksanaanta seperti gawai tingkat kabupaten. Ndak malu kah kita di kabupaten tidak melaksanakan Gawai Dayak? Ini bukan soal kegiatan gawainya. Karena pelaksanaan Gawai Dayak ini bertujuan untuk membangkitkan atau melestarikan budaya. Jangan sampai budaya kita tergerus oleh kemajuan zaman,” ujarnya.