10 Kabupaten/Kota Berebut Tiket Kejurnas dalam Kejurprov Anggar di Sintang

oleh

BERITA-AKTUAL.COM – Sebanyak 105 atlet dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat mengikuti Kejuaraan Provinsi Anggar Junior dan Senior di Kabupaten Sintang, 31 Juli – 1 Agustus 2022.

Kejurprov dibuka oleh Bupati Sintang diwakili Staf Ahli Paulinus di Indoor Apang Semangai, Minggu 31 Juli 2022. Hadir Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Provinsi Kalbar Hery Permana, Kadisporapar Sintang Hendrika, Ketua KONI Sintang M Chomain Wahab dan Ketua IKASI Sintang Indra Subekti.

Menurut Ketua IKASI Sintang Indra Subekti, Kejurprov Anggar Junior dan Senior yang dilaksanakan kali ini menjadi ajang bagi para atlet untuk mengikuti Kejurnas bulan November mendatang. “Kepada para atlet agar bisa memanfaatkan Kejurprov ini. Karena ajang ini untuk meraih tiket Kejurnas,” ungkapnya.

Indra Subekti, Ketua IKASI Sintang.

Apalagi tidak lama lagi akan dilaksanakan Porprov. “Jadi teruslah berlatih. Kalian ini adalah pahlawan olahraga yang membawa nama kabupaten masing-masing,” ujarnya.

Ketua panitia, Martin Sunarya mengatakan bahwa Kejurprov Anggar Junior dan Senior diikuti oleh 10 kabupaten kota di Kalimantan Barat. “Hanya 4 kabupaten yang tidak hadir yakni Kayong Utara, Bengkayang, Landak dan Melawi,” ungkapnya.

Martin berharap melalui Kejurprov akan lahir atlet-atlet yang beprestasi hingga tingkat nasional. “Dan mudah-mudahan mampu sampai ke kejuaraan internasional,” harapnya.

Ketua KONI Sintang, M Chomain Wahab mengatakan bahwa anggar merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Kabupaten Sintang. Oleh karena itu dengan adanya Kejurprov diharapkan akan lahir bibit atlet anggar yang baru. “Kejurprov ini juga merupakan barometer bagi seluruh kabupaten/kota untuk menghadapi Porprov yang akan datang,” ujarnya.

Ketua IKASI Kalbar, Hery Permana mengatakan Kejurprov merupakan barometer untuk meningkatkan prestasi menjelang Porprov. “Jadi atlet yang juara di Porprov nanti akan diturunkan di PON yang berlangsung di Medan dan Aceh. Saya berjanji, siapapun atlet anggar Kalbar yang mendapat medali dalam Pra PON akan saya bawa dalam uji tanding di luar negeri, minimal Asia Tenggara,” ujarnya.

Bupati Sintang diwakili Staf Ahli Paulinus mengatakan bahwa anggar dapat membentuk karakter seseorang menjadi percaya diri, bukan menjadi petarung. “Makanya saya bangga banyak atlet anggar junior yang mengikuti kejuaraan ini. Jadikan kejuaraan ini menjadi paramater untuk mengukur kekuatan dan kemampuan. Selamat bertanding. Selalu kedepankan sportivitas. Menang kalah jadikan sebagai pengalaman,” tegasnya.