Besok DPRD Sintang Pilih Wabup, Proses Pemilihan Digelar Tertutup

oleh
Florensius Ronny, Ketua DPRD Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Pemungutan suara pemilihan Wakil Bupati Sintang Pengganti sisa masa jabatan 2021-2026 akan dilaksanakan besok, Jumat 5 Agustus 2022. Ada dua kandidat yang dicalonkan yakni Melkianus dan Hardoyo untuk dipilih 39 Anggota DPRD Sintang.

Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny menjelaskan mekanisme pemilihan Wakil Bupati yang dilaksanakan Panitia Khusus Pemilih (Pansuslih). Pertama, pemilihan tentunya akan sesuai dengan tata tertib (tatib). Kemudian pemungutan suara dilaksanakan tertutup. Atau pihak yang hadir saat pencoblosan terbatas.

“Besok lebih dulu dibuka rapat paripurna yang dihadiri calon wakil bupati. Pak Bupati kemungkinan hadir juga. Setelah dibuka rapat paripurna, pimpinan akan menyerahkan ke panitia pemilihan (panlih). Setelah diambil oleh Panlih, semua yang tak memiliki hak suara itu keluar. Kemudian lanjut dilaksanakan proses pemilihan,” jelas Ronny, Kamis 4 Agustus 2022.

Untuk proses pemilihan, kata Ronny, tadi sudah disetujui bahwa akan dimulai dengan rapat paripurna pukul 08.00 WIB kemudian lanjut diserahkan ke Panlih. “Setelah diserahkan dari pimpinan pada Panlih, terhitung satu jam untuk melakukan proses pemungutan suara. Selanjutnya langsung dilakukan perhitungan suara,” ujarnya.

Dikatakan legislator Partai Nasdem ini, proses pemilihan hingga perhitungan ditargetkan selesai sebelum Salat Jum’at. “Mudahan-mudahan sebelum saudara kita yang Muslim melaksanakan Salat Jum’at, proses perhitungan suara sudah selesai,” harapnya.

Untuk saksi-saksi saat pemungutan suara berlangsung, kata Ronny, sudah ditunjuk dari seluruh fraksi yang ada di DPRD Sintang. “Jadi masing-masing fraksi menunjuk saksi untuk pemungutan suara. Total di DPRD Sintang ada 8 fraksi,” jelasnya.

Sebelumnya, DPRD Sintang dalam rapat paripurna sudah melakukan Penetapan Calon Wakil Bupati, Penetapan Jumlah Pemilih dan Penyampaian Visi Misi Bupati oleh Calon Wakil Bupati Sintang sisa masa jabatan 2021-2026 pada Rabu 3 Agustus 2022. Dikesempatan itu, kedua Cawabup juga melakukan tanya jawab dengan semua fraksi di DPRD Sintang.