Rakercab DPC PDIP Sintang, Konsolidasi Organisasi Hingga Persiapan Penyusunan Bacaleg

oleh
Foto bersama usai pembukaan Rakercab II DPC PDI Perjuangan Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – DPC PDI Perjuangan Sintang menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Aula CU Keling Kumang, Senin 19 September 2022. Rakercab dibuka oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat, Lasarus yang ditandai dengan pemukulan gong.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat, Lasarus mengungkapkan bahwa Rakercab merupakan tindaklanjut dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda).

“Untuk Rakercab hari ini, kita konsolidasi organisasi terutama terkait keanggotaan. Karena keanggotaan di organisasi banyak yang tumpang tindih, tidak by name by adress,” ungkap Lasarus.

Lasarus, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar.

Untuk menyikapi hal itu, kata pria yang juga Ketua Komisi V DPR RI ini, PDI Perjuangan sudah menyiapkan Big Data. Nantinya kepengurusan hingga tingkatan paling bawah, sudah menyertakan nama, nomor kontak hingga NIK. “Ketika sudah input, DPP DPP PDI Perjuangan akan menghubungi secara acak. Kalau tidak bisa dihubungi, DPP akan konfirmasi kembali ke DPC untuk mengetahui daerah tersebut ada signal atau tidak,” jelasnya.

“Sampai sejauh ini, hal itu yang kita kerjakan, jadi sekarang ini murni masih dalam penataan organisasi. Kemudian dibicarakan juga target politik dalam Rakercab. Tahun 2023 mendatang akan dilaksanakan kegiatan yang sama dalam konteks pemenangan Pemilu,” sambungnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus memukul gong tanda dimulainya Rakercab DPC PDI Perjuangan Sintang.

Lasarus menyampaikan, sekarang ini PDI Perjuangan juga sedang persiapan menyusun Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg). Semua DPC sudah diinstruksikan untuk menyetor 200 persen nama dari kuota. Selanjutnya akan dikerucutkan lagi menjadi 100 persen oleh DPD dan DPP setelah berkonsultasi dengan DPC.

“Penyusunan Bacaleg ini dilakukan semua pengurus di semua tingkatan dalam rangka menyongsong Pileg tahun 2024. Kami ingin tahun 2024 nanti kita lebih siap secara organisasi,” ujarnya.

Diungkapkan Lasarus, PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai yang kepengurusan managemennya mendapat sertifikat International Organization for Standardization (ISO). Oleh karenanya, PDI Perjuangan dituntut untuk menerapkan manajemen partai modern sampai ke tingkat paling bawah.

“Semua akan kita benahi meskipun tidak mudah. Tapi bisa kita lakukan. Yang penting teman-teman mau tertib, di sini mau kerja. Kemudian kita juga melakukan penjaringan untuk Bacaleg tahun 2024,” katanya.

Jeffray Edward, Ketua DPC PDI Perjuangan Sintang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sintang, Jeffray Edward mengatakan bahwa proses konsolidasi sudah dilakukan. Apabila ada pembenahan dalam struktur baik tingkat DPC hingga ranting akan dibenahi lagu. Selain itu pembentukan Badan-badan sudah dilakukan.

“Pada hari ini sudah dilantik DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Sintang. Kemudian untuk persiapan pendaftaran ke KPU, kita sudah meng-upadate KTA. Sebelumnya ada sekitar 80 KTA yang tumpang tindih dengan partai lain, sekarang sudah kita benahi,” jelasnya.

Berkaitan dengan pembangunan kantor DPC PDI Perjuangan Sintang, kata Jeffray, progressnya sudah mencapai 94 persen. Sekarang tinggal beberapa pekerjaan lagi seperti penimbunan hingga pembenahan di dalam ruangan.

“Dikesempatan ini saya berterima kasih pada Ketua DPD yang banyak membantu pembangunan kantor. Terima kasih juga pada Pak Krisantus, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sintang serta semua pihak yang sudah membantu pembangunan kantor DPC,” ucapnya.

Mengenai penjaringan Bacaleg, Jeffray mengungkapkan bahwa saat ini sedang dilaksanakan sesuai dengan instruksi DPP dan DPD. Figur yang akan diusung merupakan kader maupun para tokoh potensial yang berpotensi memenangkan Pileg tahun 2024 mendatang.

“Kita siap memenangkan Pileg. Kita juga mendukung Pak Lasarus sebagai calon gubernur Kalbar. Untuk Pilpres, kita siap menjalankan instruksi DPP,” pungkasnya.