Ratusan Ton CPO Tumpah di Sungai Melawi, Polisi Dalami Dugaan Tindak Pidana

oleh
AKP Idris Bakara, Kasat Reskrim Polres Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Polres Sintang mendalami dugaan terjadinya tindak pidana terkait tumpahnya ratusan ton CPO milik PT Wahana Plantation and Product atau PT Julong ke Sungai Melawi.

Kasat Reskrim Polres Sintang, AKP Idris Bakara mengatakan bahwa pihak kepolisian sudah memanggil pihak PT Julong untuk diperiksa yakni manager pabrik kelapa sawit (PKS). Polres Sintang juga akan memanggil pihak transportir yang ditunjuk pembeli pada Jumat ini. Pembeli adalah pihak yang menunjuk transportir.

“Berdasarkan ketererangan sementara PT Julong, untuk pertanggungjawaban tumpahan CPO ada ditangan transportir. Nah keterangan pihak Julong ini akan kita konfrontir ke pihak transportir,” katanya pada wartawan, Rabu 21 September 2022.

Kasat kemudian merinci jumlah CPO yang tumpah di Sungai Melawi. Totalnya 25 kontainer. Yang sudah dievakuasi 22 kontainer. Sementara yang masih dicari ada 3 kontainer, 2 berisi CPO, satunya lagi kosong. “Kontainer tersebut muatannya 20-27 ton,” ungkapnya.

Mengenai dugaan terjadinya tindak pidana dalam masalah tersebut, Kasat menyatakan hal itu akan mendalami. “Apakah ada pidannya atau tidak akan kita cari tahu. Karena pemeriksaan kita sampai hari ini masih sepihak, yakni baru PT Julong saja. Jadi ada tiga pihak yang harus kita periksa, selain Julong juga transportir dan pembeli,” katanya.

“Pihak mana yang bertanggungjawab dalam kejadian ini kita belum tahu, makanya akan diperiksa transportir dan pembeli,” pungkasnya.