Dewan Minta PT Julong Perhatikan Masyarakat yang Terdampak Tumpahan CPO

oleh
Wakil Bupati Sintang Melkianus, Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian serta Komisi D DPRD Sintang meninjau lokasi tumpahan CPO PT WPP atau PT Julong di Desa Tebing Raya.

BERITA-AKTUAL.COM –Wakil Bupati Sintang Melkianus dan jajaran, Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian serta Komisi D DPRD Sintang meninjau lokasi tumpahan CPO PT Wahana Plantation and Product (PT WPP) atau PT Julong di Desa Tebing Raya, Kecamatan Sintang, Jumat 23 November 2022.

Dikesampatan itu, mereka juga berdialog dengan jajaran manajemen PT Julong terkait penanganan tumpahan CPO di Sungai Melawi yang terjadi 11 September 2022 lalu, pemberian kompensasi pada masyarakat sekitar serta membahas permasalahan lainnya.

“Tadi kita sudah meninjau ke sana sekaligus meminta penjelasan dari perusahaan terkait langkah apa saja yang telah mereka ambil untuk mengatasi tumpahan CPO di Sungai Melawi,” kata Ketua Komisi D DPRD Sintang, Zulherman.

Seperti yang telah dilihat bersama, politisi Nasdem ini menilai upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan cukup bagus. Dikarenakan mereka cepat tanggap dengan masalah ini.

“Kedepan kita tinggal menunggu hasil uji laboratorium. Kita juga menekankan pada perusahaan agar memperhatikan masyarakat yang terdampak tumpahan CPO. Harap ditangani dengan baik dengan melakukan komunikatif yang intens pada masyarakat,” katanya.

Ditanya apakah Komisi D DPRD Sintang akan memanggil PT WPP atau PT Julong dalam rapat kerja, Zulherman mengatakan bahwa hal itu tidak bisa diputuskannya sendiri.

“Nanti saya akan berkoordinasi dengan teman-teman anggota Komisi D. Apakah perlu dipanggil atau bagaimana, nanti tergantung koordinasi kami semua di Komisi D. Hal ini juga akan kami laporkan ke pimpinan DPRD terkait bagaimana perkembangannya,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi D yang hadir diantaranya Zulherman, Toni, Nekodimus, Anastasia, Zulkarnain, Kusnadi dan Zulkarnain. Hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sintang Edy Harmaini, Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sintang Gunardi, Kasat Pol PP Siti Musrikah, Kades Tebing Raya serta sejumlah pejabat lainnya.