Camat Tebelian ungkap Kebutuhan Pupuk Subsidi Petani

oleh
Karjito, Plt Camat Sungai Tebelian.

BERITA-AKTUAL.COM – Plt Camat Sungai Tebelian, Karjito ikut menghadiri kegiatan Temu Lapangan Kelompok Tani Kecamatan Sungai Tebelian dan Dedai di Kebun Kelompok Tani Subur Makmur, Desa Gurung Kempadik, Kecamatan Sungai Tebelian, Senin 3 Oktober 2022. Dikesempatan itu, Karjito menyampaikan keluhan petani mengenai kebutuhan pupuk subsidi.

“Memang untuk pertanian banyak kebutuhan yang diperlukan. Terutama pupuk subsidi. Nantinya mohon pada Kepala Dinas Pertanian, pada tahun 2023 diharapkan bisa membantu mensupport kebutuhan pupuk. Khususnya pupuk subsidi untuk kelompok tani yang tergabung dalam delapan desa di Kecamatan Sungai Tebelian dan Dedai. Kita juga mengharapkan support Bupati pada kelompok tani. Mudah-mudahan kelompok tani kita semakin maju dan berkualitas,” harapnya.

Karjito mengungkapkan, Kecamatan Sungai Tebelian dengan luas wilayah 543,30 kilometer dan dihuni sekitar 34,600 jiwa dari total 26 desa, sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Baik itu petani sawit, petani karet maupun petani holtikulta.

“Untuk petani di Pandan, ada kelompok tani yang menanam sawi. Di Desa Perembang, ada juga petani cabe. Namun kelompok taninya baru terbentuk. Kemudian di Desa Gurung Kempadik yang terdiri dari 8 desa termasuk dari Kecamatan Dedai, membentuk kelompok tani Subur Makmur,” jelasnya.

Ia menyebut, terbentuknya kelompok tani tersebut merupakan kebangkitan kita untuk sedikit menekan inflasi harga kebutuhan pangan di Kabupaten Sintang. Mengingat inflasi di Sintang peringkat 7 nasional.

“Maka pada hari ini mulai kelompok tani kita bergerak untuk membantu membangkitkan semangat para petani kita, khususnya di Sungai Tebelian. Semoga bisa jadi manfaat untuk kita semua, untuk kesejahteraan para petani, khususnya masyarakat Sungai Tebelian, umumnya masyarakat Kabupaten Sintang,” ujarnya.

“Para petani dan kelompok tani, kami ucapkan selamat pada hari ini bisa berkumpul. Kemudian akan penanaman perdana. Mudah-mudahan nanti dapat berangsur-angsur memulihkan keadaan, memulihkan perekonomian kita. Khususnya di Kecamatan Sungai Tebelian,” harapnya.