Banjir Rendam Tiga Dusun, Kades Baning Kota Imbau Warga Waspada

oleh
Kepala Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Muryadi meninjau banjir.

BERITA-AKTUAL.COM – Tingginya curah hujan pada Jumat malam hingga Sabtu pagi 8 Oktober 2022, membuat sejumlah daerah terendam banjir. Salah satunya pemukiman penduduk di desa-desa pesisir Kecamatan Sintang.

Kepala Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Muryadi mengungkapkan, ada tiga dusun terendam banjir di daerah yang dipimpinnya. Ketiga dusun itu adalah Dusun Tanggok Yunus RT 22, Dusun Baning Hilir RT 06, dan 02 dan Simpang 5 RT 19 dan 20.

Banjir tersebut menyebabkan terganggunya aktivitas warga dan kendaraan yang melintas. Karena air menggenangi jalan. Puluhan rumah juga terendam akibat meluapnya air dari Sungai melawi.

“Melihat intensifas hujan akhir-akhir ini, saya menghimbau kepada warga agar lebih berhati hati. Selain itu selama musim penghujan ini harus tetap menjaga kesehatan,” imbaunya.

Untuk melihat langsung kondisi warganya, Kepala Desa Baning Kota Muryadi didampingi Babinsa dan Ketua RT meninjau lokasi banjir 3 Dusun di Desa Baning Kota.

“Tadi setelah meninjau langsung ke lapangan, banjir tiga dusun di Desa Baning Kota juga membuat air membentuk seperti danau. Puluhan rumah juga tergenang luapan air dari sungai sehingga menggangu aktivitas warga,” katanya.

Terkait keinginan warga agar Jalan Darunajah ditinggikan karena aksesnya menjadi jalan utama warga dan sering kebanjiran, Muryadi mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Sintang. Dengan harapan dampak banjir bisa diminimalisir.

Sementara itu, berdasarkan Analisis dan Prospek Cuaca yang dirilis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Barat tanggal 8 Oktober 2022 pukul 17.00 WIB, peringatan dini cuaca tiga hari kedepan dapat terjadi hujan intensitas sedang dan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di daerah kabupaten/kota sebagian besar di Kalbar. Ada juga potensi banjir di Kabupaten Sintang, Sekadau, Kapuas Hulu, Melawi, Ketapang, Kayong Utara, Mempawah pada tanggal 9-10 Oktober 2022.