Sekda Sintang: Pasar Tani Dilaksanakan Tiap Sabtu Hingga Desember 2022

oleh
Sekda Sintang Yosepha Hasnah ketika menghadiri launching Pasar Tani.

BERITA-AKTUAL.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah turut menghadiri launching Pasar Tani di Indoor Apang Semangai, Sabtu 8 Oktober 2022. Launching dilakukan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Hadir pula, Wakil Bupati Sintang Melkianus, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Florentinus Anum yang hadir mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Kiptiah Riyanti, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalbar Frans Zeno unsur Forkopimda Kabupeten Sintang, unsur Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Sintang, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda Sintang, Ketua TP PKK Sintang dan tamu undangan lainnya.

Sekda Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan kegiatan Pasar Tani akan dilaksanakan berkelanjutan setiap hari Sabtu pagi, dimulai pukul 06.00 WIB hingga selesai. Rencananya akan dilaksanakan sampai bulan Desember 2022.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menurunkan inflasi di Kabupaten Sintang yang disebabkan naiknya harga BBM. Kegiatan Pasar Tani diikuti oleh para kelompok tani dari 7 Kecamatan di Kabupeten Sintang,” kata Yosepha.

Beberapa jenis komoditi sayuran dijual petani di Pasar Tani. Antara lain: kacang panjang, timun, pare, sawi, bayam, kangkung, terong, buncis, daun singkong, cabe rawit, cabe hijau dan produk makanan olahan lainnya. Turut serta Bulog Sintang yang menjual beras premium, beras medium, minyak goreng dan gula pasir.

“Ayo bapak ibu semua, khususnya masyarakat di Kota Sintang dan sekitarnya, kita sukseskan Pasar Tani dan gerakan menanam cabai. Harga komodoti yang dijual sangat terjangkau. Slogan dari kegiatan Pasar Tani ini adalah: Harga Pantas, Petani untung dan Pembeli Puas,” ungkapnya.

Usai launching Pasar Tani oleh Bupati Sintang. Dilanjutkan dengan launching gerakan menanam cabe se-Kalimantan Barat. Selanjutnya, dilakukan pembagian bibit cabe secara simbolis dari Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Florentinus Anum kepada Bupati Sintang Jarot Winarno. Bibit cabe tersebut selanjutnya dibagikan ke masyarakat Sintang.