Sekda Sintang: Pedagang Pasar Sayur, Jangan Khawatirkan Keberadaan Pasar Tani

oleh
Yosepha Hasnah, Sekda Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah meminta para pedagang pasar sayur tidak khawatir dengan keberadaan Pasar Tani yang dilaunching Bupati Sintang, Sabtu 8 Oktober 2022 lalu di halaman Indoor Apang Semangai. Karena Pasar Tani dibuka hanya sekali seminggu saja.

“Kepada para pedagang di pasar sayur, saya mau menegaskan. Jangan khawatir soal keberadaan Pasar Tani ini. Karena, Pasar Tani ini hanya beroperasi hanya sekali seminggu yakni setiap hari Sabtu pagi saja. Di hari lain, warga atau pembeli tetap berbelanja ke pasar sayur,” terang Yosepha Hasnah

Ia mengatakan, pasar Tani yang sudah dilaunching oleh Bupati Sintang kemarin bertujuan untuk mengurangi rantai distribusi sayur-sayuran dari petani bisa langsung ke pembeli.

“Harapan kami, petani bisa untung besar tetapi harga tetap lebih rendah dari harga yang di pasar,” ujarnya.

Dikatakan Yosepha Hasnah, operasional Pasar Tani ini direncanakan Pemerintah Kabupaten Sintang sampai akhir Desember 2022 saja. Tetapi tentu akan ada evaluasi lagi, dan kemungkinan untuk diteruskan pada tahun 2023 sangat besar.

“Saya berharap Pasar Tani ini bisa berlanjut terus,” harap Yosepha Hasnah.

Dibukanya Pasar Tani pada Sabtu 8 Oktober 2022, disambut antusias oleh masyarakat Sintang. Ini dibuktikan dengan cepat habisnya komoditi yang dijual petani pagi itu.

Beberapa jenis komoditi sayuran dijual petani di Pasar Tani. Antara lain: kacang panjang, timun, pare, sawi, bayam, kangkung, terong, buncis, daun singkong, cabe rawit, cabe hijau dan produk makanan olahan lainnya. Turut serta Bulog Sintang yang menjual beras premium, beras medium, minyak goreng dan gula pasir. Beberapa pembeli mengaku sejumlah komoditas yang dijual petani di Pasar Tani memang lebih murah. Begitu juga beras yang dijual Bulog Sintang, lebih murah dibanding dengan harga jual ritel di Kota Sintang.