Siapkan Satu Data, Jangan Menunggu dan Harus Jemput Bola

oleh
Yustinus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus Jukardi menegaskan bahwa cita-cita untuk mewujudkan satu data di Kabupaten Sintang perlu kerja keras dan sinergi pihak-pihak terkait. Yang paling penting adalah harus proaktif.

“Jajaran Pemkab Sintang memang perlu bekerja keras dalam menyiapkan sistem satu data Kabupaten Sintang. Penyebabnya adalah kita masih saling menunggu. Maka saya minta Bappeda Sintang dan Dinas Kominfo Sintang agar bisa melakukan jemput bola dalam hal pengumpulan data ini. Jangan menunggu. Kalau kita menunggu, tidak akan bisa tercapai tersedianya data yang valid,” tegas Yustinus.

Hal itu disampaikan Yustinus ketika turut menghadiri Kegiatan Kick Off Meeting dan Pengumpulan Data Pengembangan Sistem Database Fitur Informasi Geospasial dan Terintegrasi dengan Web Geoportal Kabupaten Sintang di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Sintang pada Senin, 10 Oktober 2022.

Dikatakan Yustinus, selama ini dirinya mendapatkan informasi bahwa ada banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membuat website. Tetapi tidak digunakan dengan baik untuk menyampaikan data dan informasi kepada masyarakat.

“Pola pikir menunggu perintah, harus kita hilangkan. Kita harus pro aktif dalam menghimpun, mengolahnya dan menyampaikan ke Tim Satu Data untuk dipublikasikan kepada masyarakat,” pinta Yustinus J.

Sekali lagi, Yustinus mengingatkan Bappeda dan Kominfo agar proaktif saja untuk mengingatkan OPD agar mau menyampaikan data yang diperlukan. “Saya menuntut komitmen semua pihak untuk mewujudkan sistem satu data di Kabupaten Sintang ini,” terang Yustinus.

Sementara itu, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia menyebutkan ada 3 jenis data yakni data statistik, data geospasial dan data keuangan. Bupati Sintang bahkan sudah menegaskan sangat mendukung untuk mewujudkan program satu data di Kabupaten Sintang.