Gultom: Workshop NKT Bagian dari Monev dan Pembinaan Usaha Perkebunan

oleh
Elisa Gultom, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Elisa Gultom mengungkapkan tujuan acara Workshop Pengelolaan Areal Bernilai Konservasi Tinggi (NKT) di Konsesi Perkebunan Kelapa Sawit dan Launching Ekspose Progress Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Sintang, Selasa 11 Oktober 2022 di Hermes Sky Lantai 3 Hotel My Home Sintang.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya monitoring, evaluasi dan pembinaan usaha perkebunan kelapa sawit, untuk mendukung terlaksananya pembangunan perkebunankelapa sawit berkelanjutan di Kabupaten Sintang.

“Melalui workshop ini diharapkan terjadi komunikasi, diskusi yang membangun dan intensif antara pemerintah daerah dan pelaku usaha perkebunan beserta mitranya. Sehingga terwujud visi Kabupaten Sintang dalam pengembangan perkebunan berkelanjutan sebagai penggerak ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Gultom, Workshop Pengelolaan Areal Bernilai Konservasi Tinggi di Konsesi Perkebunan Kelapa Sawit dan Launching Ekspose Progress Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Sintang, sebagai implementasi dari Perda Pemprov Kalbar Nomor 6 tahun 2018 Tentang Pengelolaan Usaha Berbasis Lahan. Serta Permentan No.38 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Perkebunan Sawit Berkelanjutan Indonesia. Danm Permentan nomor 98/Permentan/NO.140/9/2013 tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan pasal 44 tentang Pembinaan Dan Pengawasan Usaha Perkebunan.

“Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan pembinaan dan pengawasan usaha perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sintang. Peserta kegiatan adalah para kepala OPD, para pimpinan perusahaan perkebunan di Kabupaten Sintang, lmbaga mitra pembangunan (Sekber Forum Multipihak Pembangunan Lestari Sintang, Rainforest Alliance, WWF Indonesia, Solidaridad, UNDP-Kalfor Representatif, CSR Representatif,” bebernya.

Kgiatan akan diisi materi paparan antara lain

  1. Implementasi Perda Provinsi Kalbar Bomor 6 tahun 2018 tentang Pengelolaan Usaha Berbasis Lahan Berkelanjutan oleh DLHK Provinsi Kalimantan barat
  2. Sharing pengalaman pengelolaan HVC oleh pemegang IUP oleh DSN Grup
  3. Inisiatif Perbup Nomor 122 tahun 221 tentang Pedoman Tata Cara Pengusulan dan Penetapan Pengelolaaan Rimba/Gupung di Luar Kawasan Hutan dalam Konteks Perlindungan HCV oleh Dinas Lingkungan Hidup Sintang
  4. Progres pemanfaatan ruang untuk perkebunan dan update anggota Forum Penataan Ruang
  5. Klinik AFI dalam upaya mendukung sertifikasi kelapa sawit berkelanjutan