Pameran Senjata Tradisional, Lindra Ajak Masyarakat Kunjungi Museum

oleh
Lindra Azmar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar mengajak masyarakat untuk menghadiri Pameran Temporer Senjata Tradisional Sintang selama 8 hari mulai 11-18 Oktober 2022 di Museum Kapuas Raya Jalan Sintang- Putusibau KM 14 Sintang.

Pembukaan pameran dilakukan langsung oleh Bupati Sintang Jarot Winarno. Hadir Wakil Bupati Sintang Melkianus, Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny dan undangan lainnya.

“Pameran dibuka dari pukul 08.00-15.00 WIB. Silakan kepada masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa untuk datang ke Museum Kapuas Raya,” ajak Lindra Azmar saat pembukaan pameran, Selasa 11 Oktober 2022.

Lindra juga mengundang dan mengharapkan kepada rektor dan kepala sekolah untuk menjadwalkan mahasiswa maupun peserta didiknya untuk berkunjung ke Museum Kapuas Raya. Mengingat pameran senjata tradisional Sintang ini adalah untuk mengenalkan keberadaan museum dan informasi koleksi-koleksi yang dimiliki kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai media untuk mengembangkan citra nilai-nilai budaya daerah dan menumbuhkan rasa cinta terhadap warisan budaya khususnya senjata tradisional. Kemudian untuk menarik minat masyarakat dan pelajar untuk berkunjung ke museum. Serta mengajak masyarakat untuk melestarikan kebudayaan daerah,” terang Lindra Azmar.

Ia mengatakan pada pameran temporer tahun ini, Museum Kapuaas Raya memamerkan koleksi senjata tradisional milik Yayasan Istana Al – Mukkarammah, Museum Poesaka Ningrat Kesultanan Sintang, Koleksi Senjata Milik Museum Komando Operasi Sektor Timur, Koleksi Senjata Milik Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR), Koleksi Milik Kolektor Senjata Tradisional Kalimantan Barat serta Koleksi Senjata Milik Tokoh Budaya Kabupaten Sintang.

“Selain melaksanakan pameran, kami juga melaksanakan lomba olahraga tradisional caksin putra dan putri tingkat OPD se Kabupaten Sintang pada tanggal 12-13 Oktober 2022, talkshow senjata tradisional 14 Oktober 2022, workshop pada tanggal 15 Oktober 2022 dan lomba bercerita cerita rakyat tingkat SMP/MTs pada 17 Oktober 2022. Semua kegiatan dilaksanakan di Museum Kapuas Raya ini,” ujar Lindra Azmar.