Penanganan Kemiskinan Memerlukan Kerja Kolektif

oleh
lokakarya penyusunan draf akhir Dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) Kabupaten Sintang Tahun 2022-2026

BERITA-AKTUAL.COM – Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang, Dedy Irawan menegaskan bahwa penanganan kemiskinan memerlukan kerja kolektif multi-stakeholder di Kabupaten Sintang dengan media pentahelik yang menggabungkan peran akademisi, badan usaha, komunitas, pemerintah dan media.

Hal itu disampaikan Dedy saat lokakarya penyusunan draf akhir Dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) Kabupaten Sintang Tahun 2022-2026 pada Senin, 17 Oktober 2022 di Hotel My Home Sintang.

Ia menjelaskan bahwa setelah terbit Surat Keputusan Bupati Sintang nomer 401 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Sintang Tahun 2022 tanggal 10 Mei 2022 yang lalu, TKPKD Kabupaten Sintang terus menerus melakukan perumusan dan pembahasan. Kepala Bappeda merupakan penanggungjawab dalam TKPKD Kabupaten Sintang.

“Keberadaan TKPKD Kabupaten Sintang diharapkan mampu mengolaborasikan upaya penangggulangan kemiskinan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Serta diharapkan dapat mengintegrasikan perencanaan dan penganggaran penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sintang,” katanya.

Ia mengatakan, secara konseptual kemiskinan itu kompleks dan multidimensi. Sedangkan secara kontekstual kemiskinan berbeda antara daerah yang satu dengan yang lain.

“Makanya pemetaan kemiskinan di Kabupaten Sintang sangat diperlukan sebagai langkah awal untuk menyusun perencanaan strategis dalam penanggulangan kemiskinan daerah,” katanya.


Lokakarya Penting

Berkaitan dengan lokakarya penyusunan draf akhir Dokumen Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) Kabupaten Sintang merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Kali ini adalah lokakarya terakhir dan harus menghasilkan draft akhir RPKD Kabupaten Sintang Tahun 2022-2026.

Lokakarya ini dilaksanaakan dalam rangka mempertajam analisis data kemiskinan Kabupaten Sintang. Merumuskan prioritas program, kegiatan dan lokasi prioritas program penanggulangan kemiskinan Kabupaten Sintang. Merumuskan matrik rencana aksi tahunan program penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Sintang dan Mendiskusikan dan menyusun Draft Final RPKD Kabupaten Sintang sesuai dengan Permendagri No 53 Tahun 2020.

“Kami berterima kasih bimbingan, arahan dan kerjasama yang baik dari Tim USAID ERAT Kalimantan Barat dalam membantu kami menyusun RPKD ini,” ujarnya.