Kiprah Pemuda Menentukan Masa Depan Bangsa

oleh
Selimin, Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan.

BERITA-AKTUAL.COM – Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Pembangunan dan Keuangan, Selimin menyampaikan bahwa eksistensi, kemampuan, kiprah dan peran pemuda sangat menentukan masa depan bangsa.

Hal itu disampaikan Selimin mewakili Bupati Sintang saat membuka pelaksanaan Seminar Kepemudaan di Indoor Apang Semangai, Senin 24 Oktober 2022.

Ia mengatakan, wajah Indonesia di masa depan sebagian tergambar pada potret para pemuda masa kini. Eksistensi Indonesia masa depan sangat tergantung pada kekuatan kolektif pundak para pemuda untuk memanggulnya.

“Itulah posisi strategis pemuda dalam arus sejarah bangsa. Jelas sekali bahwa eksistensi pemuda tidak hadir pada ruang yang kosong. Kiprah dan peran pemuda adalah produk interaksi dengan realitas dan tantangan faktual yang dihadapi masyarakatnya,” tegas Selimin.

Oleh karena itu, pemuda harus melawan jeratan mitos-mitos kebesaran, bahwa perannya selalu penting, tinggi dan berada di puncak-puncak kejadian penting sejarah perjalanan bangsa. Pemuda harus secara sadar keluar dari sosok mitologis itu. Sejarah memang penting. Bangga kepada masa silam adalah sesuatu yang seharusnya dan menjadi bagian dari rasa hormat kepada para pendahulu.

“Tetapi yang lebih penting adalah melanjutkan sejarah dengan pahatan-pahatan sejarah baru yang lebih baik dan mengesankan. Para pemuda harus menjadi sosok historis yang mau dan mampu menjadi aktor perputaran kemajuan bangsa, guna melanjutkan etape-etape perjalanan bangsa yang telah dirintis oleh para pendahulu,” tegas Selimin.

Dikatakan Selimin, tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 yaitu “bersatu bangun bangsa” serta “membangun mentalitas pemuda sebagai kader masa depan”. Maka tentu kita perlu membekali diri secara cukup untuk mampu tampil sebagai sosok pemuda Indonesia masa kini. Yakni menjadi generasi yang berkomitmen kepada rakyat, bangsa, dan negara.

“Komitmen itu dilandasi oleh idealisme, cita-cita, dan militansi untuk menjadi anak-anak bangsa yang terbaik dan berfaedah bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat, kata Selimin.