37 Warga Desa Simba Ikuti Pengobatan Gratis Paska Banjir

oleh
Warga Desa Simba Jaya mengikuti pengobatan gratis yang dilaksanakan UPTD Puskesmas Mensiku.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Mensiku, Endi Juliansyah mengatakan, total ada 37 orang yang mengikuti pengobatan gratis di Posko Pengobatan Desa Simba.

“Mereka yang mengikuti pengobatan gratis tersebut terdiri dari anak-anak sebanyak 12 orang, dewasa : 18 orang dan lansia : 7 orang,” kata Endi Juliansyah pada berita-aktual.com belum lama ini.

Saat pengobatan gratis dilaksanakan, kata Endi Juliansyah, penyakit terbanyak dikeluhkan warga Desa Simba Jaya adalah ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Atas. Yang mengeluhkan ISPA ini sebanyak 14 orang.

“Kemudian, penyakit lainnya adalah Myalgia : 6 orang, Tinea Pedis : 4 orang, Obs. Febris : 4 orang, Hipertensi : 3 orang, Dispepsia : 3 orang, Urtikaria : 1 orang, Faringitis : 1 orang dan Diare : 1 orang,” bebenya.

Dikatakan Endi, saat ini jumlah KK yang mengungsi di Desa Simba Jaya tidak ada lagi. Sedangkan kondisi banjir di daerah tersebut, bertambah naik dari sebelumnya.

“Mengingat banjir belum sepenuhnya surut saya mengimbau warga selalu waspada. Tetap menjaga kesehatan karena banyak penyakit mengintai kita saat atau paska banjir. Segera hubungi petugas atau mendatangi faskes jika memerlukan pelayanan kesehatan,” imbau Endi Juliansyah.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Mensiku memang cukup rutin melakukan pengobatan gratis di desa-desa terdampak banjir di wilayah kerjanya. Sebelumnya, setelah melakukan pelayanan kesehatan pada warga terdampak banjir di Desa Ampar Bedang, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang pada Selasa 18 Oktober 2022. Keesokan harinya kembali melaksanakan kegiatan serupa di Desa Mensiku, Rabu 19 Oktober 2022.  Kemudian menyambangi Desa Simba Jaya Kecamatan Binjai Hulu, Kamis 20 Oktober 2022.