Puskesmas Senaning Tanpa Penerangan Listrik Negara

oleh
Puskesmas Senaning di Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu, perbatasan Indonesia-Malaysia.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh meminta pihak PLN agar memasang jaringan listrik ke Puskesmas Senaning di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu. Saat ini untuk penerangan di Puskesmas tersebut masih mengandalkan generator set (genset).

“Untuk Puskesmas Senaning di Sungai Pisau, kita sangat membutuhkan aliran listrik PLN untuk penerangan dan pelayanan di Puskesmas,” kata Harysinto Linoh pada berita-aktual.com belum lama ini.

Karena penerangan dari PLN belum ada, kata Harysinto Linoh, selama ini penerangan di Puskesmas Senaning hanya menggunakan genset saja. Sementara kondisi saat ini, satu unit genset sudah rusak.

“Untuk mengantisipasi hal ini, kita sudah mobilisasi genset dari Merakai Kecamatan Ketungau Tengah ke Sungai Pisau. Tapi sekarang genset itu rusak juga,” ungkapnya.

Karena kebutuhan akan genset sangat mendesak, Harysinto menyebut bahwa sudah dianggarkan lagi untuk pembelian genset baru.

“Dengan adanya kondisi tersebut kita sangat memohon pada pihak-pihak terkait supaya jalur listrik negara bisa masuk sampai ke Puskesmas Senaning, Desa Sungai Pisau. Karena, ketersediaan listrik sangat penting. Apalagi di Puskemas yang notabenenya tempat pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang datang langsung,” katanya.

“Kalau listrik negera tidak ada dan hanya mengandalkan genset, tentu pelayanan di Puskesmas tentu terbatas,” ujarnya.

Dikatakan Sinto, meski di Puskesmas Senaning dihadapkan pada kendala ketersediaan listrik, petugas tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. “Pelayanan jalan terus, petugas kita selalu siap melayani masyarakat yang datang ke Puskesmas,” pungkasnya.