Kadinkes: Miliki CT Scan Canggih, Kini Pelayanan Cukup di Sintang

oleh
Peralatan CT Scan Revo Evo 128 Slice di RSUD Ade M Djoen Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh mengatakan bahwa RSUD Ade M Djoen Sintang kini memiliki CT Scan canggih. Alat tersebut adalah CT Scan Revo Evo 128 Slice di Ruangan Instalasi Radiologi RSUD Ade M Djoen Sintang.

Dengan adanya peralatan CT Scan canggih ini, maka pelayanan kesehatan tertentu tak perlu harus rujuk lagi ke Pontianak. Pelayanan scan cukup di RSUD Ade M Djoen Sintang saja.

“Selama ini untuk kasus-kasus yang memerlukan CT Scan di kepala harus dibawa ke Pontianak. Kini Kabupaten Sintang telah memiliki alat CT Scan yang canggih. Alat CT Scan yang kita miliki sekarang itu 128 slice. Jadi ini merupakan pilihan bagi mayarakat wilayah timur Kalimantan Barat terutama masyarakat Sintang kalau perlu CT Scan tidak perlu lagi dirujuk ke Pontianak,” kata Harysinto.

Pria yang akrab disapa Sinto ini menuturkan dengan beroperasinya penunjang CT Scan yang masuk dalam kategori canggih ini membuat penanganan pasien yang membutuhkan CT Scan bisa langsung ditangani di Sintang. Keberadaan perlatan baru seperti CT Scan ini tentunya sangat membantu pelayanan di RSUD Ade M Djoen Sintang. Mengingat Rumah Sakit ini merupakan rujukan bagi daerah di regional timur Kalimantan Barat.

Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang, dr Rosa Trifina mengungkapkan, penggunaan CT Scan Revo Evo 128 Slice tersebut telah mendapat izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bappeten) tentang Rekomendasi Izin Radiologi Diagnostik dan/atau intervensional. Izin rekomendasi Bappeten tersebut dengan nomor 02715.348.1.220622 tanggal 22 Juni 2022.

“Kedepan kita berhatap alat ini bisa memberikan pelayanan pada masyarakat Kabupaten Sintang dan juga masyarakat daerah timur Kalimantan Barat,” harapnya.