Masyarakat Jangan Sampai Tidak Dilayani

oleh
Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh berpesan pada Puskesmas agar melayani masyarakat dengan baik.

“Yang paling penting, tidak boleh ada masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas secara baik,” pinta Harysinto Linoh.

Jangan sampai ketika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan, Puskesmasnya belum buka, UGD tak ada orang, dokter tidak di tempat, alasan hari libur, loket atau pendaftaran sudah tutup.

“Tidak boleh seperti itu, wajib melayani masyarakat,” tegas Harysinto.

“Saya tekankan lagi adalah harus disiplin dan pelayanan pada masyarakat. Itu harus dilakukan di Puskesmas,” sambungnya.

Sinto juga mewanti-wanti bahwa dirinya tidak mau mendengar informasi di Puskesmas bahwa ada masyarakat harus dipaksa membayar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Masyarakat sudah hidup susah karena COVID-19. Ekonomi mereka belum pulih. Kita harus memahami kondisi ini. Masyarakat yang bisa bayar, silakan saja. Yang tidak bisa membayar, ya sudah. Jangan sampai masyarakat tidak mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan baik karena alasan tak bisa bayar,” pesannya lagi.

Selain itu, tanamkan pada seluruh staf Puskesmas agar selalu tersenyum ketika memberikan pelayanan pada masyarakat. “Jangan marah-marah. Jangan jutek. Selalu senyum ketika melayani masyarakat di Puskesmas,” ujar Sinto.

Dokter yang akrab disapa Sinto ini juga meminta Kepala Puskesmas selalu berada di tempat tugas, jangan sampai sering pulang pergi ke kecamatan atau kota kabupaten.

“Kepala Puskesmasnya saya harap selalu stay di Puskemas. Jangan sering bolak-balik ke Sintang. Di Puskesmas ada rumah dinas. Untuk istri harus selalu mendukung suami. Kalau khawatir dengan suami, ikut saja tinggal di Puskesmas,” ucapnya.