Banjir Tahun 2022, Ibu Hamil yang Melahirkan di Sampan Nihil

oleh
Kadis Kesehatan Sintang, dr Harysinto Linoh menaiki perahu karet untuk memberikan pelayanan kesehatan pada warga terdampak banjir.

BERITA-AKTUAL.COM – Jika saat banjir besar melanda Kabupaten Sintang tahun 2021 lalu ada beberapa ibu hamil terpaksa melahirkan di sampan bahkan sempat viral. Pada banjir Sintang tahun 2022 ini tidak ada kejadian serupa.

“Ngak ada. Ngak ada ibu hamil yang melahirkan di sampan atau dalam perjalanan karena terdampak banjir di Kabupaten Sintang,” kata Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang pada media ini, beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, kata Harysinto, di tempat pengungsian sempat ada ibu hamil yang mengungsi. Salah satu lokasi pengungsian tersebut di Gedung Cadika, Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang.

“Terhadap ibu hamil yang mengungsi tersebut, tim Dinas Kesehatan mengontrol kehamilannya. Intinya para pengungsi tetap kita berikan pelayanan sesuai keluhan yang mereka sampaikan,” katanya.

Sejak awal banjir, Dinas Kesehatan Sintang sudah melaksanakan pemeriksaan pada 1.200 orang, paling banyak urutan pertama itu batuk pilek, kemudian gatal-gatal, beberapa darah tinggi atau hipertensi. “Tiga penyakit ini paling domininan dikeluhkan warga terdampak banjir,” katanya.

Hingga saat ini, pria yang akrab disapa Sinto ini memastikan tidak ada penyakit krusial yang dialami warga terdampak banjir di Kabupaten Sintang. Seperti disampaikan sebelumnya, penyakit yang dikeluhkan masih seperi batuk pilek gatal gatal dan darah tinggi.

“Untuk saat ini tidak ada penyakit yang krusial. Diare ada tapi ngak banyak. Gatal-gatal biasanya nanti setelah banjir surut,” ujarnya.

Sinto memastikan bahwa stok obat-obatan yang dimiliki saat ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Stok obat di Sintang sampai saat ini masih cukup. Kita juga masih menunggu bantuan obat-obatan dari Pusat Krisis Kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Obatnya belum sampai. Tapi dari provinsi, sudah sampai,” ujarnya.