Ini Fungsi PSC 119 Dinkes Sintang

oleh
dr Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Dinas Kesehatan Sintang memiliki Gedung Public Safety Center (PSC) 119. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr Harysinto Linoh,  PSC 119 mempunyai empat fungsi.

Pertama, pemberi pelayanan korban atau pasien gawat darurat pra pasyankes melalui proses triage. Kedua, sebagai pemandu dalam memberikan pertolongan pertama. Ketiga, sebagai tim pengevakuasi korban atau pasien gawat darurat. Keempat, sebagai wadah untuk koordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya

“Dengan adanya PSC 119 Dinkes Sintang, diharapkan masyarakat yang memerlukan penanganan kegawatdaruratan pra hospital dapat mendapatkan pelayanan secara cepat dan tepat,” harapnya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia NO. 19 Tahun 2016 Tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, bahwa untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan dalam mempercepat waktu penanganan atau respon time pada korban atau pasien gawat darurat dalam menurunkan angka kematian serta kecacatan, maka perlu dibentuk Pusat Komando Nasional dan PSC (Public Safety Center).

“Mengacu pada hal itu, maka fasilitas yang dimaksud harus dimiliki oleh pemerintah daerah Kabupaten/Kota. Tentunya harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti sedung,system komunikasi dan transportasi serta SDM yang memadai dan dukungan operasional lainnya,” ujarnya.

Maka menindaklanjuti hal tersebut, sambungnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang telah membentuk Public Safety Center(PSC) 119. Ini dilengkapi dengan sarana prasarana seperti gedung, alat komunikasi dan ambulance kegawatdaruratan. Serta SDM yang memadai dan dukungan operasional lainnya.

“Namun dalam hal ini sarana dan prasarana yang ada belum terkoneksi dengan PSC 119 pusat dan NCC. Karena tidak adanya dana untuk melakukan MoU dengan Telkom sebagai penyedia sistem komunikasi,” ujarnya.