Ini yang Harus Dilakukan Jika Digigit Anjing Rabies

oleh
Penyuntikan vaksin rabies pada anjing.

BERITA-AKTUAL.COM – Gigitan anjing rabies jangan dianggap remeh. Karena jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kematian. Bahkan ditahun 2022 ini ada dua orang yang meninggal dunia karena gigitan anjing rabies tersebut.

Untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi jika digigit anjing positif rabies, Kepala Puskesmas Dara Juanti dr Edy menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Jika sempat digigit anjing, langsung dicuci dengan air mengalir. Cuci juga dengan sabun, disikat selama 15 menit ya sampai bersih. Setelah itu diberikan betadine,” ujarnya.

Setelah itu, kata dr Edy, segera dibawa ke fasilitas kesehatan agar ditangani oleh petugas medis. Datang saja ke Puskesmas dan minta divaksin.

“Vaksin Anti Rabies (VAR), itu namanya. Minta vaksin saja dan itu gratis. Dan disetiap Puskesmas biasanya sudah tersedia VAR,” katanya.

Karena kalau kasus gigitan anjing lambat divaksin, kata dr Edy, bisa berakibat kematian jika positif rabies. “Virus rabies itu cepat menyerang saraf sampai ke otak jika infeksi, makanya harus ditangani dengan baik,” tegasnya.

Untuk kasus gigitan anjing di wilayah kerja Puskesmas Dara Juanti, dr Edy menyampaikan bahwa kasus terakhir terjadi pada bulan Juli lalu.

“Jadi dari bulan Agustus September dan Oktober tidak ada kasus gigitan anjing. Kasus gigitan anjing terjadi pada bulan Juli, itupun ndak banyak. Hanya dua atau tiga kasus saja,” bebernya.

Ia mengatakan, rendahnya kasus gigitan anjing disebabkan karena komposisi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Dara Juanti sebanyak 6 desa dan kelurahan, sebagian besar penduduknya adalah Muslim.

“Jadi soal memelihara anjing memang kurang, bahkan hampir ndak ada lah di kelurahan dekat sini. Kalau di desa lain juga sama,” bebernya.