Miras Sitaan Satpol PP Sintang Dimusnahkan

oleh
Pemusnahan miras sitaan Satpol PP Sintang di halaman Kejari Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Ratusan botol miras sitaan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Sintang dimusnahkan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Sintang, Selasa 1 November 2022. Miras tersebut merupakan barang bukti dari hasil Tindak Pidana Ringan (Tipiring) yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht).

“Miras yang kita musnahkan adalah barang bukti yang kita amankan dari 7 cafe yang diadukan warga dan kasusnya sudah inkracht. Supaya tidak terlalu lama disimpan, miras tersebut dimusnahkan di halaman Kejaksaan Negeri Sintang dengan menghadirkan para pemiliknya,” kata Kasat Pol PP Sintang, Siti Musrikah pada berita-aktual.com, Rabu 2 November 2022.

Terkait cafe-cafe yang belum memiliki izin, Siti menegaskan bahwa pihak pengelola harus segera mengurus perizinan yang dimaksud. “Dan Pak Kajari sepakat dan sepaham bahwa dengan cara seperti itu semoga Sintang semakin tertib dan aman,” ujarnya.

Setelah sidang tipiring selesai, kata Siti, seharusnya cafe-cafe itu tidak buka dan tidak boleh jual miras. Karena pada saat sidang juga dikatakan bahwa jika pengelola belum punya izin maka tidak boleh beroperasi.

“Kalau mereka kena tindakan lagi, artinya sanksinya akan lebih berat. Seperti inilah yang disampaikan Pak Hakim kemarin,” kata Siti.

Ia juga mengimbau pada pemilik usaha di Kabupaten Sintang agar segera mengurus perizinan. Supaya usaha atau bisnis yang dijalankan adalah aktivitas yang legal. “Miras sekalipun, jika punya izin, tidak masalah. Yang kemerin jadi masalah adalah, cafe tidak punya izin, mabuk-mabukan, karaoke liar sampai subuh yang mengganggu ketentraman warga sekitar,” bebernya.

“Jika pelaku usaha mengurus perizinan warung kopi tapi menjual miras, itu juga salah. Jadi perizinan harus sesuai. Karena warung kopi itu izin usahanya ya warung kopi. Sementara miras juga ada izin tersendiri,” pungkasnya.