Puskesmas Tanjung Puri Kampanyekan Minum Tablet Penambah Darah

oleh
dr Andar Jimmy Pintabar, Kepala Puskesmas Tanjung Puri.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Tanjung Puri, dr Andar Jimmy Pintabar mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mengkampanyekan gerakan minum tablet penambah darah bagi siswi ke sekolah. Program tersebut masuk dalam aksi Bergizi yang dinamakan Cemara (Cegah Anemia pada Remaja).

“Melalui program aksi Bergizi Cemara inisetiap minggunya setiap siswi perempuan wajib meminum tablet penambah darah selama setahun. Kedepan kita akan melaksanakan program ini ke semua SMP dan SMA. Sekarang dalam tahap pemberian edukasi promosi kesehatan tentang pentingnya tablet penambah darah,” kata dr Andar.

Ia mengatakan, untuk menggalakkan program tersebut Puskesmas Tanjung Puri sudah mengunjungi MTSN Sintang, MAN Sintang dan SMK Kesehatan Kapuas Raya.

“Di kesempatan itu, semua siswi kita minta meminum tablet penambah darah. Mereka juga kita berikan obat penambah darah gratis. Karena minum obat penambah darah ini sebaiknya dilakukan setiap minggu selama setahun, mereka kita bekalkan tablet penambah darah tersebut,” katanya.

Saat ini, kata Andar, Puskesmas Tanjung Puri gencar melakukan promosi kesehatan ke sekolah-sekolah terkait pentingnya mengonsumsi tablet penambah darah.

“Kedepan kita harapkan semua sekolah melakukan hal yang sama yakni menggalakkan minum tablet penambah darah. Ini dalam rangka mencegah stunting,” jelasnya.

Andar menuturkan, kedepannya Puskesmas Tanjung Puri berencana akan mengunjungi sekolah-sekolan lain di Kota Sintang. “Kemarin kita baru melakukan penyuluhan, promosi kesehatan dulu untuk SMP dan SMA. Setelah semua itu selesai baru kita melakukan pembagian tablet penambah darah dan langsung diminum di sekolah,” ujarnya.