Sintang Satu-satunya Daerah di Kalbar yang Memiliki PPGB

oleh
Aktivitas di PPGB Sintang saat salah satu warga datang membawa balitanya.

BERITA-AKTUAL.COM – Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) terdiri dari 14 kabupaten/kota. Dari total 14 kabupaten/kota tersebut, hanya Kabupaten Sintang yang memiliki fasilitas Pusat Penatalaksanaan Gizi Buruk (PPGB).

“Kabupaten Sintang menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Kalimantan Barat yang memiliki Pusat Penatalaksanaan Gizi Buruk (PPGB),” ungkap Adi Sulistyanto, Kepala PPGB Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang pada media berita-aktual.com belum lama ini.

Dikatakan Adi, PPGB Sintang berdiri sejak berdiri tahun 2001. PPGB Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang memiliki berbagai sarana dan prasarana untuk menunjung pelayanan untuk melayani amsyarakat. Diantaranya, timbangan dan alat pengukuran tinggi badan bayi, ruang perawatan umum, ruang perawatan khusus, alat incubator, gudang logistic, ruang perawat dan dapur.

Dalam melaksanakan tugasnya, PPGB memberikan perawatan balita yang mengalami gizi buruk, bahkan gizi kurang. Selama menjalankan tugasnya, PPGB Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang pernah bekerja sama dengan Belanda untuk perbaikan dan perkembangan tumbuh anak yang gizi buruk.

“Gizi buruk disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya, karena penyakit, faktor ekonomi masyarakat dan faktor sulitnya masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. PPGB memang dikhususkan untuk perawatan pasien gizi buruk yang ada di Kabupaten Sintang. Kalau balita sudah gizi buruk memang harus dirawat. Tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jangan khawatir soal biaya, karena semuanya gratis. Meraka akan ditangani oleh petugas PPGB hingga sembuh,” tegasnya.

“Jadi kepada masyarakat yang ingin datang ke PPGB, kami persilakan. Kami pastikan akan diterima, dilayani dan dirawat dengan baik,” pungkasnya.