Harkesnas ke-58, Dinkes Sintang Bagikan Bantuan Kendaraan Opersional hingga Alkes

oleh
Berbagai bantuan yang diserahkan Dinas Kesehatan untuk Puskesmas. Tampak Wabup Sintang foto bersama forkopimda dan penerima bantuan itu.

BERITA-AKTUAL.COM – Bertepatan dengan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang menyerahkan secara simbolis berbagai bantuan untuk Puskesmas. Mulai dari kendaraan operasional berupa 6 unit sepeda motor, ambulance, alat kesehatan (alkes) seperti USG, Oxygen Concentrator serta antropometri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh menjelaskan bahwa bantuan yang diserahkan diantaranya ambulance untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M Djoen, mobil Puskesmas Peliling (Pusling) Puskesmas Mensiku serta 6 unit motor. Salah satunya untuk Puskesmas Ketungau Hilir.

Kemudian, sambung Harysinto, bantuan yang diserahkan ke beberapa Puskesmas adalah alat USG. Alat USG tersebut dibagikan ke 13 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sintang.

“Ada juga bantuan Oxygen Concentrator. Oxygen Concentrator bantuan dari Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia,” jelasnya.

Ia mengatakan, bantuan Oxygen Concentrator diserahkan ke seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sintang. “Bahkan Pustu dan Polindes yang sudah memiliki listrik juga mendapat bantuan itu,” jelasnya.

Harysinto menegaskan bahwa yang paling penting adalah bantuan Oxygen Concentrator. Karena Oxygen Concentrator bisa menggantikan tabung oksigen yang konvensional. Jadi tidak perlu isi ulang.

“Tapi yang penting listriknya ada. Jadi bagi masyarakat yang membutuhkan penggunaan oksigen di rumah dalam waktu yang lama, bisa menghubungi Dinas Kesehatan Sintang. Kita akan bantu tanpa biaya. Gratis. Kita pinjamkan alatnya. Tinggal alatnya dijaga dan kita ajari cara penggunaannya. Bantuan ini kita lakukan dari pada masyarakat harus mengisi ulang tabung oksigen, jadi bisa pakai Oxygen Concentrator. Di Puskesmas juga sudah tersedia,” jelasnya.