Puskesmas Kebong Terima Bantuan Antropometri

oleh
Roy Martadi Nurmansyah, Kepala Puskesmas Kebong.

BERITA-AKTUAL.COM – Puskesmas Kebong merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan yang mendapatkan bantuan antropometri yang diserahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh saat upacara Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas), Senin 14 November 2022 lalu.

Menurut Kepala Unit Pelayana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Kebong, Roy Martadi Nurmansyah, bantuan tersebut memang sangat diperlukan dan menunjang pelayanan. Terutama terkait pelayanan pencegahan stunting.

“Antropometri merupakan alat yang sangat kita perlukan untuk mengukur tinggi anak dalam upaya pencegahan stunting ya. Alat ini merupakan yang paling standar. Memang banyak alat lain, tapi tidak tidak sesuai standar,” jelasnya.

“Nah, alat yang dibagikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang ini tentunya sesuai standar. Nanti akan kami sosialisasikan ke desa-desa. Kalau jumlahnya mencukupi, juga akan kami bagikan juga ke desa-desa tersebut,” sambungnya.

Selama ini, kata Roy, pihaknya memang sudah memiliki alat yang dimaksud, namun tidak layak pakai. Karena belum ada peralatan lain, terpaksa tetap kita gunakan.

“Alatnya ada yang sudah tidak layak pakai, tapi masih dipakai. Setelah saya keliling semua desa, saya lihat dan amati memang perlu ada pembaruan peralatan,” ujarnya.

Dikatakan Roy, Puskesmas Kebong memang sudah cukup lama mengusulkan peralatan antropometri, karena merupakan salah satu kebutuhan mendesak.

“Kita mengusulkannya sejak tahun lalu. Kita sedang bisa terealisasi pada tahun ini. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kemudian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat,” jelasnya.