Dinas Pendidikan ungkap Jumlah Formasi P3K Guru Tahun 2022

oleh
Lindra Azmar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar mengungkapkan bahwa pada tahun ini jumlah kuota penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) untuk tenaga guru di Kabupaten Sintang sebanyak 600 orang.

“Formasi P3K untuk guru di Kabupaten Sintang 600 orang. Meski penerimaan untuk formasi guru cukup banyak tahun ini, namun kekurangan tenaga pendidik masih cukup banyak,” kata Lindra Azmar pada media berita-aktual.com di sela menghadiri rapat di DPRD Sintang, Kamis 24 November 2022.

Ia mengatakan bahwa, 600 kuota guru yang diajukan dan sudah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), diajukan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

“Kita belum berani mengajukan sebanyak-banyaknya tenaga guru mengingat kemampuan pemerintah terbatas. Walaupun memang keinginan kita adalah bisa mengakomodir tenaga honor yang ada di Kabupaten Sintang. Sehingga mereka bisa mengikuti test dan lulus sebagai tenaga P3K Kabupaten Sintang,” jelasnya.

Lindra menyampaikan, nanti pada tanggal 27 dan 28 November, peserta P3K guru akan dinilai oleh tim penilai. Tim penilai itu terdiri dari kepala sekolah, pengawas dan pusmil.

“Itu by sistem. Jadi mereka tidak ikut tes. Ini untuk mereka yang P2 dan P3. P2 ini guru yang masuk status honorer katagori dua atau K2. Sedangkan P3 adalah honorer yang belum masuk K2, nanti semua guru silakan ikut tes ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, tes tersebut akan dilaksanakan di SMPN 1 Sintang. Lindra mengatakan, dirinya sudah mengimbau pada guru-guru yang akan mengikuti tes tersebut agar mempersaiapkan diri dengan baik.

“Kita minta tanggal 25 November, para peserta yang dari jauh kalau bisa sudah ada di Sintang. Sehingga tanggal 26 November bisa melihat langsung tempat pelaksaan tes,” imbau Lindra.