Pandemi Covid-19 Melandai, Kunjungan ke Perpustakaan Sintang Mulai Meningkat

oleh
Abdul Syufriadi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Abdul Syufriadi mengatakan bahwa kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah semakin membaik setelah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) melandai.

“Puji Tuhan lah setelah kita memasuki new normal atau paska pandemi, kunjungan ke perpustakaan Sintang mulai meningkat. Anak-anak kita khususnya yang gemar membaca sepertinya sudah rindu sekali untuk berkunjung ke perpustakaan. Mengingat selama ini kunjungan ke perpustakaan terganjal pembatasan akibat pandemi cukup lama,” kata Abdul pada berita-aktual.com usai mengikuti rapat di DPRD Sintang, Kamis 24 November 2022.

Mungkin juga, kata Abdul, mereka yang memutuskan untuk pergi ke perpustakaan daerah karena jenuh di rumah. Atau jenuh bermain game di konsol maupun smartphone. Jadi mereka butuh suasana yang berbeda, salah satunya dengan pergi ke perpusataan daerah.

“Makanya kita senang kunjungan ke perpustakaan Sintang membaik saat ini. Puji Tuhan lah mulai dari siswa PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA sampai Perguruan Tinggi, minat mereka mengunjungi perpustakaan sekarang luar biasa. Kadang mereka datang sendiri. Kemudian juga ada dorongan dari guru maupun kepala sekolah yang datang, mengajak dan membimbing anak-anak untuk datang ke perpusataan. Ini luar biasa sekali ya,” ujarnya.

Dan memang, kata Abdul, saat ini Dinas Perpustaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang sedang mengembangkan dan berupaya meningkatkan literasi. Artinya kita juga membantu pengembangan keahlian membaca menulis dan lain sebagainya.

“Itu yang sedang kita kembangkan. Dalam kita mengembangkan literasi ini, kita membuat MoU atau perjanjian kerjasama dengan lembaga pendidikan. Mulai dari perguruan tinggi, SMA, SMK, SMP, SD hingga PAUD,” jelasnya.

Selain itu Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan juga bekerjasama dengan pemerintah desa untuk mengembangkan perpustakaan desa. “Nah ini juga menjadi program dan perhatian kita yang utama,” kata Abdul.