Harapkan Kegiatan Tanam Pohon Mengedukasi Pelajar Sadar Pelestarian Lingkungan

oleh
Foto bersama usai seremonial peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia di MTSN 1 Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Edy Harmaini menyampaikan harapannya agar kegiatan penanaman pohon bisa mengedukasi anak-anak sekolah dalam rangka pelestarian lingkungan.

Harapan itu disampaikan Edy saat menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sintang (MTsN 1 Sintang) pada tanggal 28 November 2022.

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2022 ini mengusung tema “Gerakan Nasional Pemulihan DAS Sebagai Upaya Mendukung FOLU NET Sink 2030 di Kabupaten Sintang”. Kegiatan ini kerjasma Pemerintah Kabupaten Sintang didukung IKAHUT SINTANG (Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pengurus Daerah Kabupaten Sintang)

Edy menyampaikan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang mendukung semua pihak yang berkomitmen untuk menjaga lingkungan seperti sekolah, pemerintah desa dan masyarakat umum.

“Upaya pelestarian lingkungan pasti kita dukung demi kebaikan kita bersama,” tegasnya.

Dikesempatan, Dinas Lingkngan Hidup Kabupaten Sintang juga memberikan bantuan stup madu kelulut untuk MTsN 1 Sintang. Ia mengatakan, ada dua manfaat memelihara madu kelulut. Yang pertama berupa manfaat langsung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan manfaat tidak langsung untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Dengan memelihara madu kelulut maka masyarakat perlu menanam dan memelihara jenis-jenis tumbuhan yang bisa menjadi pakan lebah kelulut,” jelasnya.

Ketua IKAHUT Sintang, Deddy Irawan menyampaikan bahwa Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini sekaligus juga ditetapkan sebagai Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai dalam upaya mendukung FOLU Net Sink 2030.

Deddy menjelaskan bahwa FOLU Net Sink merupakan sebuah pendekatan dan strategi yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia untuk mengupayakan bahwa pada tahun 2030 serapan emisi karbon sektor Forest and Other Land Use (FOLU) akan seimbang atau lebh tinggi dari tingkat emisinya.

“Target utamanya tetap berfokus pada upaya mengurangi deforestasi dan degradasi hutan. Deddy menegaskan bahwa penanaman ini juga sebagai bagian untuk mendukung salah satu visi Kabupaten Sintang sebagai Kabupaten Lestari,” jelasnya.

Ia menjelaskan, IKAHUT UNTAN di Kabupaten Sintang memiiki program IKAHUT VISIT TO SCHOOL yaitu program penanaman ke sekolah-sekolah Adiwiyata dan Sekolah Berwawasan Lingkungan.

“Melalui program ini, IKAHUT Sintang juga akan mendukung kegiatan penanaman pada rimba dan gupung yang dlindungi masyarakat. Lokasi penanaman prioritas akan dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang,” jelasnya.