Kadinkes Sintang soal Pelayanan: Kita Harus Melayani Orang Sebagaimana Kita Ingin Dilayani

oleh
dr Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh mengungkapkan prinsip pelayanan yang harus dijunjung tinggi oleh tenaga kesehatan (nakes) yang berada di garda depan fasilitas kesehatan.

“Kalau menurut saya prinsip melayani satu saja. Kita harus melayani orang sebagaimana kita mau dilayani,” tegas Harysinto pada berita-aktual.com di sela kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Tanjung Puri di Rumah Adat Melayu Tepak Sireh, Rabu 30 November 2022.

Contohnya, kata Harysinto Linoh, ketika kita jadi pasien tentu tidak mau menunggu lama. Oleh karena itu ketika nakes memberikan pelayanan, jangan sampai membuat orang menunggu lama.

“Kalau kita jadi pasien atau mengantar keluarga berobat, kita tentu tidak mau juga bingung-bingung di Rumah Sakit atau Puskesmas. Nah ketika memberikan pelayanan, nakes jangan membuat masyarakat bingung. Sementara kalau kita komunikatif maupun informatif pasien pasti akan sangat senang,” tegasnya.

Yang paling penting, tegas Harysinto Linoh, jangan sampai menbeda-bedakan pelayanan pada masyarakat. Apakah itu pasien BPJS ataupun umum harus diperlakukan sama. Harus dilayani sama baiknya.

“Pelayanan kesehatan jangan dibeda-bedakan. Kadang ada berapa petugas kesehatan yang terkesan empatinya agak kurang. Ketika melihat masyarakat kebingungan di fasilitas kesehatan malah diam saja. Kalau seperti itu, ya jelas salah. Seharusnya, ya ditanya lah. Karena dalam memberikan pelayanan itu haruslah komunikatif, informatif dan juga mengedapankan empati. Jangan jutek, harus ramah dengan senyum sapa salam,” tegasnya.