Lokmin Lintas Sektor Puskesmas Tanjung Puri Bahas Berbagai Isu Kesehatan

oleh
Kepala Puskesmas Tanjung Puri, dr Andar Jimmy Pintabar menyampaikan paparan saat Lokmin Lintas Sektoral.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Tanjung Puri, dr Andar Jimmy Pintabar menjelaskan bahwa Lokakarya Mini Lintas Sektor seharusnya dilaksanakan 4 kali dalam setahun. Namun karana pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), kegiatan hanya dilaksanakan jadi 2 kali saja.

“Kegiatan Lokmin biasanya membahas banyak hal secara luas. Tapi di momen kali ini kita fokuskan pada generasi muda. Tema kali ini adalah tema Peran Lintas Sektor dalam Mempersiapkan Generasi Emas yang Sehat dan Unggul,” kata dr Andar mengawali paparannya saat kegiatan Lokokarya Mini Lintas Sektor UPTD Puskesmas Tanjung Puri di Rumah Adat Melayu Tepak Sireh, Rabu 30 November 2022.

Ia mengatakan, saat Lokakarya Mini Lintas Sektor pertama dilaksanakan, banyak dari guru-guru mempertanyakan mengapa saat kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tidak datang. Kemudian kegiatan Puskesmas di sekolah juga tidak diadakan.

“Penyebabnya karena memang terkendala pandemi Covid-19, jadi kita mengurangi kegiatan di luar lapangan yang sifatnya kontak langsung kepada masyarakat atau sekolah. Namun pada tahun ini kita mulai lagi. Kita mulai membangun kembali peran lintas sektor. Kita juga mulai masuk ke sekolah untuk menyasar siswa siswi,” jelasnya.

Dalam Lokarya Mini Lintas Sektor kali ini, kata dr Andar, Puskesmas Tanjung Puri mengangkat berbagai isu kesehatan, termasuk yang ada di sekolah, baik itu tingkat SMP maupun SMA.

“Oleh karena itu hari ini kita mengundang kepala sekolah, pembina UKS, bidan pengawas serta Dinas Pendidikan. Ini dilakukan sebagai upaya bersama-sama untuk mengatasi berbagai persoalan kesehatan di daerah ini dalam rangka mempersiapkan generasi emas menjadi remaja yang sehat dan unggul,” ujarnya.

“Kita sangat berharap peran aktif masyarakat dan lintas sektor dalam bidang Kesehatan. Jadi kegiatan ini merupakan salah satu misi Puskesmas Tanjung Puri,” jelasnya.