Jangan Takut Mengkritik Pelayanan Rumah Sakit

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr Harysinto Linoh saat menghadiri Lokmin Lintas Sektor Puskesmas Tanjung Puri.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh meminta masyarakat agar tidak takut mengkritik pelayanan rumah sakit jika dirasakan kurang maksimal.

“Jangan ragu untuk mengkritik. Kalau ada pelayanan yang dirasakan kurang, berikan masukan pada manajemen rumah sakit,” tegas Harysinto Linoh pada berita-aktual.com, belum lama ini.

Dikatakan Harysinto Linoh, di rumah sakit ada yang namanya manajemen. Jadi masyarakat bisa langsung memberikan laporan atau menyampaikan keluhannya. “Contohnya seperti ini, saya ini mau operasi tapi belum dapat jadwal atau segala macam. Nah kalau kondisi seperti ini silakan sampaikan ke manajemen rumah sakit,” sarannya lagi.

“Begitu juga terkait pelayanan di Puskesmas, bisa melakukan hal serupa. Langsung saja ketemu dengan Kepala Puskesmas-nya. Jadi jangan takut untuk bertemu dengan Kepala Puskesmas atau manajemen rumah sakit. Di situ kan ada layanan pengaduannya,” ujar Harysinto Linoh.

Ia menegaskan, kritik maupun saran dari masyarakat serta semua pihak sangat penting untuk memperbaiki atau meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan publik seperti rumah sakit maupun kesehatan.

“Penting sekali masukan-masukan dari masyarakat untuk memperbaiki pelayanan. Jadi manajemen rumah sakit menjadi tahu apa saja yang harus dibenahi. Misalnya, oh ya di IGD harus membenahi ini. Di poli rawat jalan, hal ini yang harus dibenahi. Kemudian di poli rawat inap, harus dibenahi seperti ini,” katanya.

“Begitu juga di Puskesmas. Oh masyarakat merasa kalau di bagian apotik pelayanan obatnya lama, itu dibenahi juga. Kan seperti itu,” pungkasnya.