Pelantikan Pemuda Batak Bersatu Sintang, Wabup Sampaikan Pesan Persatuan

oleh
Pelantikan DPC Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Sintang resmi dilantik, Sabtu malam 3 November 2022. Seremonial pelantikan berlangsung di Pendopo Bupati Sintang.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPD PBB Provinsi Kalimantan Barat Binarto Sihotang. Hadir Wakil Bupati Sintang, Melkianus dan undangan lainnya.

Dikesempatan itu, Wabup Sintang Melkianus mengatakan bahwa hadirnya Pemuda Batak Bersatu Sintang akan memberikan nuansa maupun semangat baru bagi Bumi Senentang. “Harapan saya hadirnyanya ormas lebih banyak melakukan kegiatan sosial,” ucapnya.

Wakil Bupati Sintang Melkianus menghadiri pelantikan DPC PBB Sintang.

Melkianus menyatakan, Kabupaten Sintang adalah rumah besar kita bersama. Oleh karena itu harus dijaga bersama pula. “Sintang sudah damai dan tentram dengan berbagai etnis, suku dan agama. Maru kita sama-sama menjaga dan memelihara Sintang ini. Supaya Sintang tetap damai. Supaya Sintang tetap nyaman untuk siapapun tanpa harus membedakan suku atau agama,” ujarnya.

“Kita tidak bisa menentukan saat lahir dari suku atap agama apa. Tetapi ketika sudah bersatu di tempat ini, inilah rumah kita, inilah tempat kita bersama. Saya berharap Sintang menjadi tempat yang paling nyaman untuk kita semua,” harapnya.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pelantikan DPC PBB Sintang.

Ia juga mengajak semua ormas termasuk Pemuda Batak Bersatu untuk mengawal pembangunan di Kabupaten Sintang. Kita bisa membangun Sintang karena kebersamaan. “Karena kalau hanya mengharapkan APBD tidak akan mampu. Makannya saya berharap pada semua kalangan termasuk ormas agar memanfaatkan jaringan yang ada untuk membangun Sintang,” ajaknya.

Melkianus mengatakan bahwa PBB adalah ormas yang sudah besar. Persatuan dan kebersamaan sudah terjalin luar biasa di manapun warga Batak berada. “Tolong pertahankan itu. Dan tolong menjaga nama baik Persatuan Batak Bersatu yang ada di Kabupaten Sintang,” pesannya.

Ketua DPD PBB Provinsi Kalimantan Barat Binarto Sihotang menegaskan bahwa Persatuan Batak Bersatu adalah organisasi yang tidak membeda-bedakan agama. Nasionalisme selalu dijunjung tinggi.

“PBB adalah organisasi yang berkosentrasi untuk kegiatan-kegiatan sosial. Ini misi kita, mengingat saat pertama kali PBB dideklerasikan di Bekasi, niat para pendiri adalah untuk tolong menolong dalam kegiatan sosial,” katanya.

Seremonial pelantikan DPC PBB Sintang oleh Ketua DPD PBB Kalbar,

Makanya, ia berharap dengan dilantiknya PBB Sintang bisa menjadi awal silaturahmi yang lebih baik dan erat lagi kedepan dengan semua pihak untuk mewujudkan tolong menolong dalam kebaikan.

“PBB Sintang harus siap berdampingan dengan pemerintah dan masyarakat untuk membangun Kabupaten Sintang. Terutama dalam setiap aksi sosial melayani masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berharap PBB Sintang bisa bersinergi dengan semua ormas yang sudah ada. Terutama mendukung semua program pemerintah  di daerah setempat.

Para undangan yang menghadiri pelantikan DPC PBB Sintang.

Ketua DPC PBB Sintang, Erwin Siahaan menyatakan, Persatuan Batak Bersatu merupakan organisisasi yang bergerak untuk mempertahankan sikap toleransi, gotong royong, kerukunan dan kekeluargaan. Oleh sebab itu, pemuda-pemudi Batak di Kabupaten Sintangh merasa terpanggil untuk menyatu dalam wadah sebuah organisasi.

“Kami dari DPC PBB Sintang siap berkontribusi pada ormas maupun lingkungan. Namun kami memerlukan dukungan semua pihak, termasuk pemerintah maupun rekan-reman ormas yang ada di Kabupaten Sintang,” katanya.

Ia menegaskan, PBB Sintang terbuka menerima kritik yang membangun untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Sintang. PBB Sintang juga siap berkolaborasi dengan pemerintah, swasta maupun ormas yang ada dalam upaya mempererat persatuan, tolorenasi dan kerukunan di Kabupaten Sintang.

“Semoga hadirnya PBB Sintang ini mampu serta dapat berkontribusi dengan kemajuan masyarakat kita,” pungkasnya.