Jarot Puji Komposisi Kepengurusan DAD Sintang

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno menghadiri pelantikan pengurus DAD Sintang periode 2022-2027.

BERITA-AKTUAL.COM, SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno menghadiri pelantikan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang periode 2022-2027 di Rumah Betang Jerora 1, Kamis 5 Januari 2022.

Kepengurusan DAD Sintang yang kembali dinahkodai oleh Jeffray Edward, dilantik langsung oleh Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor. Hadir pula Wakil Bupati Sintang Melkianus, Sekda Sintang Yosepha Hasnah, Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny, Ketua DAD Sekadau Jeffray Raja Tugam, Forkopimda dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang Jarot Winarno memuji komposisi kepengurusan DAD Sintang periode 2022-2027 yang dinilainya sangat lengkap. Karena mengakomodir tokoh dari berbagai daerah dan sub suku Dayak yang ada di Kabupaten Sintang.

“Hebat kepengurusan DAD Sintang ini. Saya lihat tadi ada Pak Ginidie dari Jengonoi Kecamatan Ambalau, dari Sepiluk Kecamatan Ketungau Hulu pun ada. Dari Undau Kayan Hulu sampai Seberung pun ada,” kata Jarot.

Kemudian, sambung Jarot, dari Sub Suku Dayak Linoh juga banyak yang masuk kepengurusan DAD Sintang. Begitu juga dari sub suku Dayak Desa. “Dari Ketungau juga ada. Hebat kepengurusan ini. Saya yakin DAD akan mampu membuat Dayak Bangkit, Dayak Maju dan Dayak Jaya dibawah kepemimpinan Pak Jeffray,” ucap Jarot disambut tepuk tangan undangan yang hadir saat pelantikan.

Ia mengatakan, selama ini hubungan antara DAD Sintang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang sangat baik selama ini. “Sekali lagi saya mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus DAD Sintang periode 2022-2027 ini,” ucapnya.

Ketua DAD Sintang Jeffray Edward.

Ketua DAD Sintang, Jeffray Edward mengatakan bahwa dirinya terpilih secara demokratis dalam Musyawarah Adat (Musdat) beberapa waktu lalu. “Puji Tuhan dalam Musdat tersebut saya masih dipercaya masyarakat untuk memimpin DAD Sintang kedua kalinya. Ini sebenarnya beban yang begitu berat, karena bertanggungjwab terhadap tanah leluhur dan kita semua warga Dayak,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jeffray mengharapkan dukungan semua pihak dalam menjalankan tugas. Termasuk juga dukungan dari pemerintah daerah dan para pengurus dewan adat yang dilantik pada hari ini. “Saya mohon dukungan kita semua. Saya tidak ada apa-apanya tanpa dukungan bapak ibu semua. Dengan adanya dukungan, saya yakin kita bisa kuat, kompak, bangkit, maju dan kita Dayak bisa jaya,” ujarnya.

Dikatakan Jeffray, dalam menyusun komposisi kepengurusan DAD Sintang, banyak masukan dan saran dari banyak pihak. Pihaknya sudah melakukan rapat tim formatur serta mengundang dewan adat kecamatan untuk memberikan masukan. “Jadi komposisi kepengurusan yang dilantik hari ini berdasarkan masukan tim formatur, para tokoh, termasuk juga dewan adat kecamatan,” tegasnya.